Home / Berita / Menkes, Menperin, dan 1800 Apoteker Akan Hadiri Kongres XX dan PIT IAI
kongres iai

Menkes, Menperin, dan 1800 Apoteker Akan Hadiri Kongres XX dan PIT IAI

farmasetika.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Apt didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Riau, Dra Hj Mimi Yuliani Nazir, MM, Apt, Bendahara PP IAI Dra Ellen Wijaya, MM, Apt dan Ketua PD IAI Riau yang juga Wakil Ketua Panitia, Dr Hilwan Yuda Terima, MSi, Apt, memberikan keterangan kepada wartawan Pekanbaru (14/4/2018) seputar rencana penyelenggaraan Kongres XX dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IAI 2018 di Labersa Grand Hotel and Conventions Center, Pekanbaru.

Kongres Nasional IAI ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan empat tahun sekali. Kongres nasional merupakan organ pemegang kekuasaan tertinggi dari IAI yang dilakukan untuk mengganti kepungurusan Pengurus Pusat dan juga membahas AD/ART organisasi.

Kongres ini akan dimulai pada 18 April 2018 mendatang di Hotel Labersa Kampar. kegiatan ini juga akan dibarengi dengan agenda tahunan yakni Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang terdiri berupa simposium, workshop, dan sebagainya.

Agenda ini juga menjadi ajang silaturhami para perawat yang tergabung dalam IAI. Selain itu juga ada bazar-bazar dan yang meramaikan kegiatan tersebut.

“Berdasarkan rencana, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan dan juga keynote speech dari Menperin RI pada 19 April,” kata Wakil Ketua Panitia Kongres Nasional XX IAI, Dr Hilwan Yuda Teruna Msi Apt pada Sabtu (14/4/2018).

Hilwan juga mengatakan bahwa jumlah peserta yang mendaftar pada event ini sudah mencapai 1.800 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah ini menjadi jumlah terbanyak pada perhelatan Kongres IAI yang pernah dilaksanakan sebelumnya. “Jumlah ini juga kemungkinan akan terus meningkat karena masih ada tiga hari lagi waktu untuk mendaftar,” sebutnya.

Baca :  Pernyataan Sikap PD IAI Jabar Terkait Kasus Peredaran Vaksin Palsu

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IAI, Drs Nurul Falah Eddy Pariang mengatakan bahwa kongres menjadi agenda penting bagi IAI dalam menjalankan fungsinya sesuai AD/ART.

Dalam kongres ini akan dirumuskan juga program-program yang akan dilaksanakan selama  empat tahun kepungurusan yang baru.
“Termasuk juga di kongres menjadi wadah untuk merevisi AD/ART, di mana kita ingin mengubah logo lama IAI menjadi yang baru,” sebutnya.

Nurul juga mengatakan bahwa dalam salah satu program ke depan yang akan dicanangkan yang menigkatkan sinergi para apoteker dengan insan kesehatan lain. Selain itu peningkatan kompetensi apoteker juga menjadi perhatian karena saat ini semakin banyak kebutuhan apoteker dari banyak fasilitas kesehatan.

“ini sesuai dengan tema kongres kita yakni Trested Pharmacist for Better Quality of Life,” sebut Nurul.

Kegiatan kongres ini juga terlaksanan atas kerjasama banyak pihak. Dari Riau sendiri ada beberapa perguruan tinggi yang bekerjasama dengan IAI untuk menyukseskan kongres dan PIT. “Kita juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah melalui Dinkes Riau,” tambah Nurul.

Nurul berharap Kongres Nasional yang akan diselenggarakan beberapa hari lagi ini bisa berlangsung dengan lancar dan mebawa banyak manfaat.

Sumber :

  1. https://www.cakaplah.com/berita/baca/2018/04/14/riau-tuan-rumah-kongres-ikatan-apoteker-indonesia/
  2. http://riauterkini.com/isi.php?arr=132548&judul=Menkes-dan-Menperin-Dijadwalkan-Hadiri-Kongres-XX-IAI–di-Labersa
  3. Facebook Ikatan Apoteker Indonesia
Share this:
  • 30
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    30
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

bpom

BPOM Buka Lowongan CPNS Farmasi Tahun 2018 di Kota dan Kabupaten di Indonesia

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuka kesempatan bagi putra putri terbaik di …

Leave a Reply

Skip to toolbar