Home / Berita / Apoteker Dapat Memberikan Resep Pada Tahun 2020

Apoteker Dapat Memberikan Resep Pada Tahun 2020

Farmasetika.com – Apoteker di Australia dapat segera memperoleh haknya untuk meresepkan jika semuanya berjalan sesuai rencana pada tahun 2020, dan Presiden Pharmaceutical Association of Australia (PSA) Dr Shane Jackson yakin itu akan terjadi.

“Dalam pandangan saya, apoteker memberikan resep waktunya sudah dekat. Tidak ada alasan mengapa kita tidak dapat meminta apoteker memberikan resep, ” katanya dilansir dari Australian Journal of Pharmacist (AJP).

“Kemungkinan besar langkah pertama adalah sistem resep kolaboratif, jadi dalam kemitraan dengan praktisi medis dan di institusi rumah sakit dan lain-lain, pada tahun 2020. Jadi, meresepkan pada tahun 2020 benar-benar dapat dicapai.”

“Kami melihat bahwa Dewan Farmasi akan mengadakan forum konsultasi di tengah tahun.Ada sejumlah proses yang perlu dilakukan, tetapi itu baik dalam lingkup praktik apoteker dan di bawah kerangka kompetensi kami untuk dapat meresepkan itu, tidak ada alasan kami tidak akan memilikinya cukup lama.”

Ini termasuk peluang untuk S3 dengan kondisi tertentu terlampir, misalnya, pil kontrasepsi oral, obat untuk disfungsi ereksi dan triptan untuk migrain, katanya.

Sebagai ahli obat, “itu sebenarnya adalah anekdot yang belum diresepkan oleh apoteker,” tambahnya.

Komite Pengembangan Praktisi Apotek di Australia mengatakan saat ini sedang bekerja dengan Dewan Farmasi Australia untuk menawarkan opsi agar apoteker bisa meresepkan, yang konsisten dengan Jalur Peresepan Profesional Kesehatan dan dengan mempertimbangkan Kerangka Kompetensi Peresepan.

Konsultasi dengan pemangku kepentingan Australia diharapkan akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2018.

Sebuah studi 2017 tentang resep apoteker menunjukkan bahwa panel ahli klinis yang terdiri dari dokter umum, dokter umum dan dokter yang mengkhususkan diri dalam manajemen hipertensi, dinilai sebagian besar rekomendasi farmakoterapi oleh apoteker menjadi lebih “tepat”.

Baca :  Paradigma Baru Kesehatan Wanita yang Penting Diketahui Tenaga Kefarmasian

Penelitian di Australia menyimpulkan bahwa ada potensi bagi apoteker yang meresepkan pelatihan yang diperlukan dan dalam konteks yang sesuai, terutama untuk skenario kesehatan yang tidak rumit.

Ini juga mengidentifikasi potensi resep apoteker untuk memberikan perawatan tanpa batas, terutama di sekitar kelanjutan terapi pemeliharaan atau penyesuaian terapeutik (misalnya penyesuaian dosis).

“Dengan populasi yang menua dan sistem kesehatan yang kekurangan sumber daya (kekurangan dokter umum), tidak adanya fungsi peresepan merupakan penyumbang bagi manajemen pasien yang buruk dan kepatuhan pengobatan yang buruk secara khusus,” kata para penulis, Associate Professor Beata Bajorek dan Profesor Ines Krass dari UTS dan Universitas Sydney.

Dr Jackson menganggap keputusan itu masuk akal.

“Apoteker adalah yang paling terlatih dari semua profesional perawatan kesehatan di sekitar obat-obatan, jadi mengapa kita tidak harus memiliki resep apoteker?” Katanya.

“Kami memiliki resep dokter mata, kami memiliki resep fisioterapis, dan kelompok lain. Ini adalah masalah menunjukkan pembuat kebijakan dan pengambil keputusan utama di sekitar mengapa memiliki resep apoteker akan meningkatkan akses ke perawatan dan benar-benar meningkatkan kualitas perawatan.”

“Dan itu akan datang seiring berjalannya waktu, tetapi bagi rekan-rekan saya dalam profesi ini sudah dekat dan tidak ada alasan tidak hadir pada tahun 2020.” tutupnya.

Sumber :PHARMACIST PRESCRIBING BY 2020: JACKSON. https://ajp.com.au/news/pharmacist-prescribing-by-2020-jackson/

Share this:
  • 193
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    193
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Farmasi UGM Gelar Seminar Bertopik Pelayanan Kefarmasian berbasis Elektronik

farmasetika.com – Setelah sukses dengan Seminar Nasional & Talkshow Kefarmasian di tahun 2017, Pharmacious BEM KM …

Leave a Reply

Skip to toolbar