Home / Dispensing / Edukasi / Studi Buktikan Khasiat Obat Generik dan Bermerk Sebanding pada Kondisi Kronis

Studi Buktikan Khasiat Obat Generik dan Bermerk Sebanding pada Kondisi Kronis

Farmasetika.com – Sebuah studi terbaru memberikan bukti bahwa penggunaan obat generik untuk kondisi kronis dikaitkan dengan hasil klinis yang sebanding dengan penggunaan produk bermerek.

Obat generik dianggap kurang efektif

Meskipun versi generik dari obat resep dapat menjadi alternatif yang lebih murah bagi pasien, banyak yang menganggap obat generik kurang efektif dan kurang aman daripada rekan-rekan mereka yang bermerek.

Studi obat generik vs obat bermerk

Studi yang dipublikasikan dalam PLOS Medicine, mengevaluasi hasil komparatif antara penggunaan obat generik dan obat bermerek pada pasien dengan kondisi kronis, seperti diabetes, hipertensi, osteoporosis, dan depresi dan kecemasan.

Para peneliti menggunakan obat generik resmi berlogo (OGL) sebagai kelompok kontrol untuk mengurangi bias persepsi negatif karena OGL identik dalam komposisi kimia dan penampilannya dengan obat-obatan bermerek, tetapi dipasarkan sebagai obat generik.

Para peneliti menggunakan data dari 2 database komersial besar Amerika Serikat lebih dari 3,5 juta pasien.

Kelompok-kelompok berikut dibandingkan:
Pasien beralih dari produk bermerek ke OGL dibandingkan obat generik biasa, dan pasien yang memulai pengobatan dengan OGL dengan obat generik, di mana OGL menggunakan proksi penggunaan nama merek.

Pasien yang memulai obat generik versus produk bermerek dan pasien yang memulai produk OGL versus produk bermerek.

Studi ini meneliti 8 produk: amlodipine, amlodipine / benazepril, quinapril, alendronate, calcitonin, sertraline, escitalopram, dan glipizide. Jika dibandingkan dengan produk bermerek, produk generik untuk alendronate dan kalsitonin, glipizide, dan quinapril tidak menunjukkan perbedaan dalam hasil klinis. Menurut data, risiko yang lebih rendah dari titik akhir kardiovaskular komposit diamati dengan produk generik dibandingkan dengan merek untuk amlodipine dan amlodipine / benazepril (rasio bahaya [SDM] 0,91; 95% CI, 0,84-0,99 dan HR 0,84; 95% CI Masing-masing 0,76-0,94).

Baca :  Riset Membuktikan Dokter Meresepkan Obat Bermerk Ketika Diberi Bonus Makan Gratis

Khasiat obat generik sebanding dengan obat bermerk

Dari 16 titik akhir klinis yang dianalisis, hanya 4 yang dikaitkan dengan hasil yang berbeda, menurut penelitian. Tiga obat generik yang disukai dan 1 beralih dari amlodipine bermerek ke OGL.

Para peneliti menemukan tingkat rawat inap psikiatri yang lebih tinggi untuk pasien yang menggunakan escitalopram dan sertraline generik dan OGL (HR 1,05; 95% CI, 1,01-1,10 dan HR 1,07; 95% CI, 1,01-1,14, masing-masing), dibandingkan dengan mereka yang memprakarsai produk bermerek. Mereka mencatat bahwa hasil ini kemungkinan disebabkan oleh residu perancu atau bias persepsi generik.

Meskipun meningkatnya penggunaan obat generik, persepsi negatif masih menahan beberapa pasien untuk menggunakan alternatif dan pilihan obat yang lebih murah.

Beralih kembali ke produk bermerek ketika versi generik yang lebih murah tersedia dapat berkontribusi pada biaya yang tidak perlu bagi pasien dan sistem perawatan kesehatan, menurut penulis penelitian.

“Hasil ini dapat menginformasikan praktik klinis dengan memandu pengembangan intervensi pendidikan untuk mengatasi persepsi negatif dokter dan pasien tentang obat generik dan untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesetaraan obat generik dan obat bermerek,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Sumber : Comparable Efficacy of Generic and Brand-Name Drugs for Chronic Conditions Shown in Study https://www.pharmacytimes.com/news/comparable-efficacy-of-generic-and-brandname-drugs-for-chronic-conditions-shown-in-study

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pekerjaan Kefarmasian di Apotek Diproyeksikan Stagnan Hingga 2028

Farmasetika.com – Pekerjaan kefarmasian di tingkat retail diproyeksikan menunjukkan sedikit atau tidak ada perubahan dari …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar