Home / Sediaan & Alkes / Solid & Semisolid / Tenapanor, Obat Baru untuk Iritasi Usus Besar dengan Sembelit

Tenapanor, Obat Baru untuk Iritasi Usus Besar dengan Sembelit

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui tablet tenapanor (Ibsrela, Ardelyx) untuk pengobatan sindrom iritasi usus besar dengan sembelit ( irritable bowel syndrome with constipation/IBS-C) pada orang dewasa.

Dosis

Dosis yang dianjurkan adalah 50 mg dua kali sehari, diminum segera sebelum sarapan atau makan pertama hari itu dan segera sebelum makan malam.

Apa itu tenapanor?

Tenapanor adalah molekul kecil yang diserap minimal yang bekerja secara lokal di saluran gastrointestinal (GI) untuk menghambat penukar natrium-hidrogen NHE3, menghasilkan peningkatan pergerakan usus dan penurunan nyeri perut pada pasien dengan IBS-C, perusahaan menjelaskan dalam rilis berita.

Hasil uji klinik

Tenapanor dievaluasi dalam dua uji coba acak, tersamar ganda, dan terkontrol plasebo. Kedua uji coba menunjukkan penurunan konstipasi dan nyeri perut yang signifikan secara statistik pada orang dewasa dengan IBS-C.

Efek samping

Efek samping yang paling umum adalah diare (16% dengan tenapanor vs 4% dengan plasebo pada percobaan 1; dan 15% dengan tenapanor vs 2% dengan plasebo pada percobaan 2). Diare berat dilaporkan pada 2,5% pasien yang diobati dengan tanapanor dibandingkan dengan 0,2% pasien yang diobati dengan plasebo selama 26 minggu percobaan 1 dan 12 minggu percobaan 2.

Tingkat penghentian keseluruhan adalah rendah di antara pasien yang diobati dengan tenapanor (7,6%) dan plasebo (0,8%). Diare adalah reaksi samping paling umum yang menyebabkan penghentian (6,5% dari pasien yang diobati dengan tenapanor dibandingkan dengan 0,7% dari pasien yang diobati dengan plasebo).
Jika diare parah terjadi, tenapanor harus dihentikan dan pasien direhidrasi, informasi resep menyatakan.

Baca :  Abaloparatide, Solusi Baru Untuk Terapi Osteoporosis

Kontraindikasi

Tenapanor dikontraindikasikan pada pasien dengan obstruksi gastrointestinal mekanik yang diketahui atau diduga. Keamanan dan efektivitas tenapanor belum ditetapkan pada pasien anak yang lebih muda dari usia 18 tahun.

Sumber : FDA OKs Tenapanor (Ibsrela) for IBS With Constipation in Adults. https://www.medscape.com/viewarticle/918341

Share this:
  • 56
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    56
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Rivaroxaban, Obat Baru Untuk Pembekuan Darah Pasien Medis Akut

Farmasetika.com – Rivaroxaban (Xarelto, Janssen) telah disetujui oleh FDA untuk pencegahan tromboemboli vena (VTE), atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar