Home / Dispensing / Edukasi / BPOM Bantah Nata de Coco Mengandung Plastik

BPOM Bantah Nata de Coco Mengandung Plastik

Farmasetika.com – Baru-baru ini viral video terkait makanan produk KARA Nata De Coco mengandung plastik yang berbahaya untuk kesehatan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memandang perlu untuk mengklarifikasi berita ini melalui press rilis disitus resminya (7/12/2019).

Nata de coco merupakan pangan yang dibuat dari bahan baku air kelapa. Dalam kategori pangan, masuk ke dalam kelompok bahan baku berbasis buah.

Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh.

Benang serat tipis atau selulosa tersebut, sering juga disebut sebagai dietary fiber atau serat pangan yang memang diperlukan dan penting untuk pencernaan.

Lapisan yang banyak tersebut juga membuat nata de coco bisa memerangkap cairan. Jika ditekan, cairan tersebut akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis. Lembaran tipis ini lah yang diisukan atau disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik.

Potongan nata de coco yang semula lembut kenyal bisa digigit putus, akan menjadi sangat liat, dan sangat sulit untuk disobek jika cairannya berkurang karena yang tertinggal adalah kumpulan benang- benang serat tipis.

Mutu nata de coco yang baik ditandai dengan warnanya yang putih bersih, transparan, struktur kuat, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, serta tidak mengandung kotoran.

Sementara itu, Sambu Group sebagai pemegang merek KARA, memberikan pernyataan bahwa video – video tersebut mengandung informasi yang salah dan menyesatkan.

“Sambu Group wajib memberitahukan bahwa video – video tersebut mengandung informasi yang salah dan menyesatkan,” ujar  Dwianto Arif Wibowo,  Corporate Communications Manager Sambu Group dikutip dari republika.co.id. (7/12/2019)

Baca :  BPOM : 67 Batch Produk Ranitidin Mengandung NDMA Ditarik dari Pasaran

Ia lalu menyampaikan fakta yang menegaskan bahwa  KARA Nata De Coco aman untuk dikonsumsi anak-anak. 

Sumber :

PENJELASAN BADAN POM RI tentang Isu Nata De Coco https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/105/PENJELASAN-BADAN-POM-RI–tentang–Isu-Nata-De-Coco.html

Video Nata De Coco Kandung Plastik Bahaya, Ini Kata Samba https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/q24l87163114273421000

Share this:
  • 612
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    612
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Cukup 5 Menit Aktivasi Layanan Aplikasi SIAP, Begini Caranya!

farmasetika.com – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) mendukung penuh diterapkannya aplikasi Sistem Informasi …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar