Home / Farmasi Industri / Produksi / Ekspor Curcuma Perdana Ke Kamboja, PT. SOHO Apresiasi BPOM

Ekspor Curcuma Perdana Ke Kamboja, PT. SOHO Apresiasi BPOM

Farmasetika.com – PT SOHO Industri Farmasi berhasil mengekspor produk unggulan Curcuma Plus Emulsion serta Curcuma Plus DHA (varian Orange dan Strawberry) ke Kamboja untuk pertama kalinya pada hari Jumat (13/12) di kantor SOHO Jakarta Timur.

Dilepas Kepala Badan POM

Kepala Badan POM turut menyaksikan peresmian pengiriman produk ekspor mengandung curcuma ke Kamboja, Produk ini merupakan hasil dari hilirisasi pemanfaatan penelitian obat tradisional yang dibangun dari koordinasi intensif antara Academic, Bussines, Community, dan Government (ABCG).

Peresmian ekspor dilakukan secara simbolik dengan penutupan truk kontainer, pemecahan kendi, dan pelepasan truk.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito meresmikan pengiriman ini didampingi President Commissioner Soho Global Health, Tan Eng Liang.

Izin ekspor BPOM hanya hitungan hari

Pengiriman ini mengisyaratkan bahwa produk obat tradisional dan suplemen kesehatan asal Indonesia mampu menembus pasar ekspor dan diterima oleh konsumen internasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Badan POM yang telah mendukung ekspor ini, terutama pada proses registrasi ekspor yang terbit dalam waktu hitungan hari saja,” ujar Tan Eng Liang.

SOHO berkomitmen untuk meningkatkan temulawak di mata dunia. SOHO menggunakan temulawak organik yang dikembangkan di pusat riset SOHO di sukabumi dengan konsep “seed to patient” yang semua mutu prosesnya dikontrol.

Badan POM selalu mendukung Industri Farmasi dalam mengembangkan produk hingga memasarkan produknya ke manca negara, terutama obat tradisional yang berasal dari herbal Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan salah satu dari 17 negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Peluang dan potensi pengembangan obat herbal dengan pemanfaatan kekayaan tumbuhan di Indonesia terbuka lebar, seiring dengan tren masyarakat untuk kembali mengonsumsi produk dari bahan alam.

Baca :  BPOM Rilis 27 Produk Makarel Kaleng Mengandung Cacing

BPOM sederhanakan regulasi

Upaya nyata dilakukan Badan POM untuk percepatan pengembangan obat tradisional melalui berbagai terobosan seperti penyederhanaan regulasi, simplifikasi registrasi, dan coaching clinic.

Selain itu, Badan POM juga menginisiasi pembentukan Satuan Tugas Percepatan Pengembangan dan Pemanfaatan Fitofarmaka untuk memfasilitasi hilirisasi penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

“Kami terus mendukung pelaku usaha yang serius dalam mengembangkan, memproduksi, dan mengekspor produk dalam negeri berdaya saing tinggi yang berasal dari tanaman asli Indonesia,” ujar Penny K. Lukito.

Di akhir sambutannya, Kepala Badan POM memberikan selamat kepada PT SOHO Industri Farmasi atas pencapaian ini.

“Selamat dan sukses, semoga SOHO terus berkreasi dan berinovasi. Tentunya ini bukan saja akan berdampak pada SOHO semata, tapi juga kepada kesejahteraan masyarakat dan kebanggaan Indonesia.” ucap Kepala Badan POM.

“Semoga apa yang dilakukan SOHO dapat menginspirasi industri farmasi lainnya untuk turut go international, memperkenalkan produk herbal Indonesia ke kancah dunia.” tutupnya.

Sumber : Badan POM Dukung Ekspor Produk Curcuma Ke Kamboja. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/17563/Badan-POM-Dukung-Ekspor-Produk-Curcuma-Ke-Kamboja.html

Share this:
  • 98
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    98
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM Percepat Izin Edar Produk Hasil Riset, Berikut Daftar Produknya!

farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia bersinergi dengan perguruan tinggi dan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar