beser
pic : http://marcusengel.com (ilustrasi)

Prucalopride, Pilihan Obat Baru untuk Sembelit

Farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui prucalopride (Motegrity) sebagi obat untuk terapi konstipasi idiopatik kronik pada orang dewasa sejak 14 Desember 2018. 

Prucalopride merupakan agonis selektif reseptor 5-hydroxytryptamine 4 (5HT4 agonis). Prucalopride pertama kali dikenalkan pada 2009, dan sejak 2010 Prucalopride telah dikomersialisasikan di Eropa serta di Kanada sejak 2011. 

Konstipasi/sembelit merupakan kondisi berkurangnya frekuensi pengeluaran tinja kurang dari tiga kali per minggu.

Konstipasi idopatik kronik merupakan konstipasi yang tidak diketahui penyebabnya dan tidak disebabkan karena suatu penyakit atau efek obat. Konstipasi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama (beberapa minggu) . 

Prucalopride telah diuji secara klinis untuk menunjukkan keamanan dan kemanjurannya. Uji klinik dilakukan selama 12 minggu dengan penggunaan prucalopride pada dosis 2 mg dan 4 mg/hari. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang diberi prucalopride lebih tinggi kemanjurannya dibandingkan dengan pasien yang menerima plasebo (obat tanpa zat aktif) dengan meningkatnya frekuensi buang air besar secara spontan.

Prucalopride dibuat dalam bentuk sediaan tablet salut film yang mana zat aktif prucalopride dibuat dalam bentuk garam yaitu prucalopride succinate karena kelarutannya yang rendah dalam air sehingga menyebabkan jumlahnya menurun dalam tubuh dan efektivitasnya berkurang.

Prucalopride dibuat dengan metode kempa langsung yang mana tidak memerlukan perlakuan awal yaitu pembentukan granul karena sifat alir serbuknya yang baik sehingga dapat langsung memadat saat dicetak menjadi tablet dan dosis yang digunakan kecil. Prucalopride dapat disimpan selama 2 tahun pada suhu 30°C.

Prucalopride, dengan bentuk sediaan tablet salut film lepas cepat (immediate release) diminum sekali sehari dengan dosis 2 mg dan 1 mg untuk pasien dengan gangguan ginjal yang parah. Jenis tablet ini mampu melepaskan obat secara cepat dan memiliki beberapa keuntungan dengan adanya penyalutan film yaitu obat terlindungi dari sinar matahari dan kelembapan, mudah diidentifikasi, meningkatkan kemampuan untuk mengembang, menutupi rasa yang tidak enak, serta meningkatkan keamanan.

Prucalopride diketahui memiliki efek yang baik untuk menstimulasi pergerakan usus. Namun, seperti obat pada umumnya, prucalopride memiliki beberapa efek samping yaitu sakit kepala, sakit perut, mual, dan diare. 

Kerja dari prucalopride tidak tergantung pada perbedaan jenis kelamin dan perbedaan umur, prucalopride bekerja secara baik pada wanita dan pria, juga pada pasien berusia kurang dari 65 tahun maupun lebih dari 65 tahun. Namun, prucalopride tidak boleh digunakan pada anak-anak dan remaja dibawah usia 18 tahun. Prucalopride juga diketahui potensialnya rendah dalam menginhibisi ataupun menginduksi enzim sitokrom dan transporter.

Prucalopride aman digunakan untuk pasien yang tua karena sedikitnya efek samping, rendahnya efek kardiovaskular, dan rendahnya interaksi dengan obat lain. 

Sumber:

1. U. S. Food and Drug Administration. 2018. Novel Drug Approvals for 2018. Tersedia online di https://www.fda.gov/drugs/new-drugs-fda-cders-new-molecular-entities-and-new-therapeutic-biological-products/novel-drug-approval-2018 [Diakses pada 26 Oktober 2019].

2. MayoClinic. 2019. Constipation. Tersedia online di https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253 [Diakses pada 26 Oktober 2019].

3. Mahajan, R. 2019. Prucalopride: A Recently Approved Drug by Food and Drug Administration for Chronic Idiopatic Constipation. Int J Appl Basic Med Res. 9(1): 1-2.

4. Teckoe, J., T. Mascaro, T. P. Farrell, and A. R. Rajabi-Siahboomi. 2013. Process Optimatization of A Novel Immediate Release Film Coating System Using QbD Principles.  AAPS PharmSciTech. 14(2): 531-540.

5. Bundesinstitut fur Arzneimittel und Medizinprodukte. 2019. Public Assesment Report: Prucalopride. Tersedia online di https://mri.cts-mrp.eu › humanPDF [Diakses pada 26 Oktober 2019].

6.  Australian Government Departement of Health and Ageing Theraputic Goods Administation. 2011. Australian Public Assessement Report for Prucalopride. Australia: Australian Government Departement of Health and Ageing Theraputic Goods Administation

Penulis : Dede Jihan Oktaviani, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran

Share this:
  • 47
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    47
    Shares

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Lactitol, Obat Pencahar Baru untuk Konstipasi Idiopatik Kronik

Majalah Farmasetika – Lactitol dalam produk Pizensy adalah pencahar osmotik yang diindikasikan untuk pengobatan sembelit/konstipasi …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.