FDA Peringatkan Obat Pelangsing Lorcaserin Berisiko Kanker

farmasetika.com – Food and Drug Administration telah mengeluarkan Safety Alert (14/1/2020) mengenai lorcaserin obat pelangsing atau manajemen berat badan (Belviq, Belviq XR) setelah hasil dari uji klinis menilai keamanan obat menunjukkan kemungkinan peningkatan risiko kanker.

“Pada saat ini, penyebab kanker tidak pasti, dan kami tidak dapat menyimpulkan bahwa lorcaserin berkontribusi terhadap risiko kanker. Namun, kami ingin membuat masyarakat mengetahui risiko potensial ini,” kata badan tersebut dalam siaran pers (14/1/2020).

Agensi menyarankan bahwa penyedia layanan kesehatan mempertimbangkan apakah manfaat dari penggunaan lorcaserin melebihi potensi risiko kanker, dan bahwa pasien yang saat ini menggunakan obat harus berbicara dengan penyedia mereka tentang risiko.

“Kami terus mengevaluasi hasil uji klinis dan akan mengkomunikasikan kesimpulan dan rekomendasi akhir kami ketika kami telah menyelesaikan ulasan kami,” FDA mencatat dalam pernyataan itu.

Lorcaserin, agonis reseptor serotonin 2C, disetujui oleh FDA pada tahun 2012 dengan dosis 20 mg sekali sehari untuk digunakan dengan diet rendah kalori dan peningkatan aktivitas fisik sebagai sarana untuk meningkatkan penurunan berat badan pada orang dewasa yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan memiliki setidaknya satu masalah medis terkait berat badan, seperti hipertensi, diabetes tipe 2, atau dislipidemia. Pada Juli 2016, agensi menyetujui Aplikasi Obat Baru untuk formulasi yang diperpanjang, sekali sehari.

Sakit kepala, pusing, kelelahan, mual, mulut kering, dan sembelit adalah efek samping yang lebih umum pada pasien tanpa diabetes, sedangkan hipoglikemia, sakit kepala, sakit punggung, batuk, dan kelelahan lebih sering terjadi pada pasien dengan diabetes. Perawatan ini dikontraindikasikan untuk kehamilan.

Obat ini tidak beredar di Indonesia.

Share this:
Baca :  Trilaciclib, Terobosan Baru Terapi Mielosupresi Kemoterapi Kanker Paru - Paru

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Menkes Rilis Regulasi Baru Akreditasi Puskesmas, Labkes, Klinik, Dokter Praktik Mandiri

Majalah Farmasetika – Menteri Kesehatan (Menkes) mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) Nomor 34 Tahun 2022 …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.