krim
pic : freedigitalpictures.net (ilustrasi)

Mengenal Ozenoxacin, Krim Antibiotik Baru untuk Infeksi Kulit

farmasetika.com – Krim XEPI (Ozenoxacin) merupakan obat baru yang telah disetujui oleh FDA pada Desember 2017. XEPI digunakan untuk pengobatan impetigo karena bakteri tertentu (Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes) pada pasien usia 2 bulan dan lebih tua. Impetigo diperkirakan menyebabkan sekitar 10% masalah kulit yang diamati di klinik pediatrik dan dianggap sebagai infeksi bakteri kulit yang paling umum (FDA, 2017).

Impetigo adalah infeksi bakteri kulit yang umum yang dapat menimbulkan lecet atau luka di tubuh, biasanya di wajah (sekitar hidung dan mulut), leher, tangan, dan area popok. Impetigo sangat menular, kebanyakan orang mendapatkan impetigo melalui kontak kulit dengan orang yang mengalaminya selain itu dapat berasal dari handuk, peralatan olahraga yang terinfeksi dan mengenakan pakaian yang terinfeksi (AAD, 2019).

XEPI  adalah krim yang mengandung ozenoxacin yang termasuk dalam antibotik golongan kuinolon. Mekanisme aksi melibatkan penghambatan DNA bakteri enzim replikasi, DNA gyrase A dan topoisomerase IV. XEPI digunakan dengan cara dioleskan secara tipis ke area yang terkena dua kali sehari selama lima hari. Area yang terpengaruh mungkin hingga 100 cm2 pada pasien dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas atau 2% dari total luas permukaan tubuh dan tidak melebihi 100 cm2 pada pasien anak berusia kurang dari 12 tahun. XEPI mengandung 1% ozenoxacin, makrogol stearat, etilenglikol monopalmitostearat, oleoyl makrogol gliserida, oktilododanol, stearil alkohol, propilenglikol, asam benzoat dan purified water (FDA, 2017).

FDA menyetujui XEPI berdasarkan bukti dari dua uji klinis (NCT 01397461 dan NCT 02090764) dari 723 pasien dengan impetigo. Uji coba dilakukan di AS, Eropa, Afrika Selatan, dan Puerto Riko. Keamanan dan khasiat XEPI ditetapkan dalam 2 uji coba acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo selama 1 minggu. Semua pasien dengan luas permukaan impetigo yang telah ditentukan secara acak 1: 1 untuk menerima XEPI atau krim plasebo diterapkan dua kali sehari selama 5 hari. Xepi ™ menunjukkan keunggulan dibandingkan plasebo pada titik akhir klinis dan bakteriologis yang ditentukan. Keberhasilan bakteri, didefinisikan sebagai pemberantasan bakteri yang dicapai pada 90,8% pasien yang menggunakan Xepi ™ dibandingkan 69,8% untuk plasebo (p <0,0001) pada akhir pengobatan. Xepi menunjukkan aktivitas antibakteri yang sangat baik terhadap Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes, termasuk resisten metisilin (Drugs.com, 2017 ; FDA, 2017).

“Kami percaya bahwa Xepi berpotensi mengganggu pengobatan impetigo tradisional karena pasien mungkin mengalami infeksi yang kebal terhadap terapi topikal saat ini. Kemampuan untuk menutupi bakteri sensitif dan resisten, seperti MRSA, menawarkan potensi untuk mengurangi kegagalan pengobatan dan meningkatkan perawatan pasien.,” kata Bradley Glassman, Ketua & Kepala Eksekutif Medimetriks. “Persetujuan Xepi adalah tonggak penting bagi Medimetriks karena Perusahaan berusaha untuk memberikan inovasi ke Dermatologi dan mengatasi kebutuhan perawatan kulit pasien yang belum terpenuhi.”

Medimetriks melisensikan hak komersialisasi AS eksklusif untuk Xepi™ dari Ferrer, perusahaan farmasi Spanyol swasta terkemuka, pada bulan Maret 2014.  Xepi™ tersedia dalam tube 10 gram, 30 gram, dan 45 gram. Harga Xepi™ sekitar $320 untuk kemasan tube 30 gram.

DAFTAR PUSTAKA

Baca :  Antibiotik untuk Pneumonia ditemukan Tidak Efektif pada Seperempat Pasien

AAD (American Academy of Dermatology). 2019. Impetigo. Tersedia online di https://www.aad.org/diseases/a-z/impetigo-overview (diakses pada 27 Oktober 2019)

Drugs.com. 2017. Medimetriks Pharmaceuticals, Inc. Receives FDA Approval for Xepi (ozenoxacin) Cream 1%, a Novel Topical Antibiotic for Impetigo. Tersedia online di https://www.drugs.com/newdrugs/medimetriks-pharmaceuticals-inc-receives-fda-approval-xepi-ozenoxacin-cream-1-novel-topical-4660.html (diakses pada 27 Oktober 2019).

FDA (Food and Drug Administration U.S). 2017. Drug Trial Snapshot : Xepi. Tersedia online di https://www.fda.gov/drugs/drug-approvals-and-databases/drug-trial-snapshot-xepi (Diakses pada 27 Oktober 2019).

FDA (Food and Drug Administration U.S). 2017. XEPITM (ozenoxacin) Cream, for Topical Use. Tersedia online di https://www.accessdata.fda.gov/drugsatfda_docs/label/2017/208945lbl.pdf (diakses pada 27 Oktober 2019).

Share this:
  • 34
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    34
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Palforzia, Obat Alergi Kacang Pertama untuk Anak Disetujui FDA

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui obat pertama untuk terapi …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.