PMK No 3 Th 2020 : Layanan Farmasi di Rumah Sakit Masuk Non-Medik Samadengan Layanan Laundry

Farmasetika.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, pada 14 Januari 2020 mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) nomor 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Menkes menganggap PMK No 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum.

Ada perubahan penting terkait pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian.

Pada PMK No 30 Tahun 2019 :

Pasal 7 ayat 2 :

Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit paling sedikit terdiri atas:
a. pelayanan medik;
b. pelayanan keperawatan dan kebidanan;
c. pelayanan penunjang medik; dan
d. pelayanan penunjang nonmedik.

Pasal 10 Ayat 4 :

Pelayanan penunjang medik lain meliputi pelayanan sterilisasi yang tersentral, pelayanan darah, gizi, rekam medik, dan farmasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 11 :

Pelayanan penunjang nonmedik terdiri atas laundri/binatu, pengolah makanan, pemeliharaan sarana prasarana dan alat kesehatan, sistem informasi dan komunikasi, dan pemulasaran jenazah.

Pada PMK No 3 Tahun 2020,

Pasal 7 ayat 2 :

Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit paling
sedikit terdiri atas:
a. pelayanan medik dan penunjang medik;
b. pelayanan keperawatan dan kebidanan; dan
c. pelayanan nonmedik.

Pasal 10 :

Pelayanan nonmedik terdiri atas pelayanan farmasi, pelayanan laundry/binatu, pengolahan makanan/gizi, pemeliharaan sarana prasarana dan alat kesehatan, informasi dan komunikasi, pemulasaran jenazah, dan pelayanan nonmedik lainnya.

Pasal 11, ayat 4 :

Pelayanan nonmedik meliputi pelayanan farmasi, pelayanan laundry/binatu, pengolahan makanan/gizi, pemeliharaan sarana prasarana dan alat kesehatan, informasi dan komunikasi, pemulasaran jenazah, dan pelayanan nonmedik lainnya.

Diperjelas dengan lampiran matrik tabel halaman 38 bahwa Farmasi termasuk pada kategori layanan non medik sama halnya dengan layanan laundry. Dimana pada lampiran matrik tabel PMK No 30 Tahun 2019 adalah penunjang medik lainnya halaman 46.

Di media sosial, beredar pula hasil pemikiran Dr. dr. Beni Satria, S.Ked., M.Kes., S.H., M.HKes terkait Perbedaan Permenkes No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit dibandingkan dengan Permenkes No 30 Tahun 2019.

Pengertian Medis, Non Medis, dan Kefarmasian di Kamus Besar Bahasa Indonesia

me·dis /médis/ a termasuk atau berhubungan dengan bidang kedokteran: kita masih memerlukan banyak tenaga — untuk menangani masalah kesehatan di daerah

non·me·dis /nonmédis/ a tidak berhubungan dengan ilmu pengobatan (kedokteran): rumah sakit masih memerlukan tenaga — untuk mengurus administrasi

ke·far·ma·si·an n segala sesuatu yang berhubungan dengan farmasi; perihal farmasi

Sementara itu, redaksi meminta saran kepada seorang pengamat regulasi dan praktisi apoteker industri, Gun Gun Gumilar, S.Si., Apt. melalui pesan singkat terkait hal ini.

“Dalam pasal 14 ayat 1 sebaiknya ditambahkan pengkategorian tambahan yakni Pelayanan Kefarmasian untuk membedakan dengan pelayanan non-medis.” ujar apoteker Gun Gun.

Selengkapnya :

Share this:
  • 1.7K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1.7K
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kejanggalan Surat KFN Terkait Gelar Apoteker Disimpan Didepan Nama

farmasetika.com – Beredar di media sosial, surat pemberitahuan penempatan gelar apoteker dari Komite Farmasi Nasional …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.