Akreditasi Apotek Online Menjamin Penjualan Obat Aman dan Legal

Majalah Farmasetika – Seiring perkembangan teknologi, Apotek digital dapat memberikan keterjangkauan dan memberi akses yang mudah dan aman ke obat-obatan legal yang dibutuhkan tanpa perlu keluar rumah. Program akreditasi dan sertifikasi Apotek online telah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1999, sehingga menjamin peredaran obat online secara legal dan memudahkan pengawasan.

Sistem akreditasi dan sertifikasi apotek online ini dilakukan oleh Asosiasi Nasional Dewan Apoteker/The National Association of Boards of Pharmacy (NABP) melalui program Verified Internet Pharmacy Practice Sites (VIPPS), saat ini dinamakan The Digital Pharmacy Accreditation.

Mengenal NABP

NABP merupakan asosiasi internasional yang membantu dewan anggota dan yurisdiksi dalam mengelola transfer lisensi apoteker dan program penilaian kompetensi apoteker untuk tujuan memastikan kesehatan masyarakat.

Keanggotaan NABP terdiri dari 54 anggota aktif dan 12 anggota asosiasi. Dewan anggota aktif mencakup 50 negara bagian di AS, Distrik Columbia, Guam, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin. Dewan anggota asosiasi adalah Australia, Bahama, dan 10 provinsi Kanada

NABP mendukung dewan anggota apoteknya dengan menawarkan:

  • Ujian yang menilai kompetensi apoteker dalam praktik apotek. Ujian ini termasuk Ujian Lisensi Apoteker Amerika Utara (NAPLEX) dan Ujian Yurisprudensi Farmasi Multistate (MPJE).
  • Program transfer lisensi yang mengurangi beban administratif pada dewan dengan memverifikasi aplikasi apoteker untuk transfer lisensi,
  • Program akreditasi yang menciptakan standar seragam dan melakukan inspeksi untuk melengkapi staf dewan dan meringankan beban keuangan.
  • Banyak layanan lain yang menyediakan sumber daya terkait untuk membantu dewan apotek saat mereka bekerja untuk melindungi kesehatan masyarakat setiap hari.

Program akreditasi apotek online

Apotek daring legal di setiap negara bagian AS, selama memenuhi persyaratan lisensi negara bagian. Cara yang baik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa apakah apotek tersebut memiliki Akreditasi Farmasi Digital (VIPPS), yang menandakan bahwa apotek memenuhi semua persyaratan lisensi ditambah persyaratan tambahan yang ditetapkan oleh NABP. Logo ini biasanya dapat ditemukan di bagian bawah website.

Logo terakreditasi

Dikutip dari situs resmi NABP, program Akreditasi Apotek Digital/The Digital Pharmacy Accreditation, sebelumnya VIPPS, telah mengakreditasi situs web yang menawarkan layanan apotek sejak 1999. NABP menyadari kebutuhan untuk membantu apotek yang aman dan sah dengan kehadiran internet menonjol dibandingkan dengan daftar situs web nakal yang terus bertambah. Selain memberi tahu konsumen bahwa mereka berada di situs yang aman, Akreditasi Apotek Digital menawarkan keuntungan berikut:

  • secara otomatis memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam periklanan berbayar di Google, Bing, dan Yahoo! mesin pencari
  • dianggap sebagai pedagang apotek yang sah oleh Visa dan MasterCard untuk pembelian yang terkait dengan situs web Anda
  • memenuhi syarat untuk jaringan apotek tertentu yang memerlukan Akreditasi Apotek Digital untuk apotek pesanan lewat pos
  • menjadi bagian dari program yang diakui atau diwajibkan oleh 24 dewan apotek negara bagian

Untuk mendapatkan akreditasi, situs web apotek Anda harus terlebih dahulu mendapatkan verifikasi melalui Program Situs Terverifikasi .Pharmacy, dan apotek harus mematuhi persyaratan perizinan dan inspeksi di negara bagiannya dan setiap negara bagian tempat praktik apotek tersebut. (dot)pharmacy merupakan domain khusus untuk apotek online yang terverifikasi. Berikut adalah contohnya :

Selain itu, apotek harus mematuhi berbagai kriteria, termasuk: memenuhi standar praktik apotek yang disahkan secara nasional; menunjukkan kepatuhan terhadap standar privasi dan otentikasi dan keamanan resep; mematuhi kebijakan jaminan kualitas; dan memberikan konsultasi yang bermakna antara pasien dan apoteker.

Bagaimana cara mengajukan akreditasi apotek online?

Biaya Aplikasi NABP: $ 975 atau sekitar 11 juta rupiah per ulasan situs web. Pendaftar harus memberikan konten situs .pharmacy yang diusulkan baik melalui situs aktif atau situs bertahap. Biaya pendaftaran dibayarkan setiap tahun

Anggota komunitas apotek yang siap untuk memisahkan diri sebagai dapat dipercaya dan sah dapat memperoleh domain .pharmacy dalam tiga langkah dasar:

  • Tinjau Persyaratan Kelayakan untuk memastikan Anda memenuhi syarat untuk mengajukan dan mendaftarkan nama domain .pharmacy. NABP sedang dalam proses menciptakan hubungan dengan badan pengatur di luar AS. Jika hubungan belum terjalin di negara tempat organisasi Anda berada, NABP akan segera menghubungi Anda untuk membahas bagaimana hal ini dapat menunda persetujuan aplikasi Anda.
  • Jika memenuhi syarat, ajukan permohonan ke NABP untuk mendapatkan persetujuan mendaftarkan nama domain. Proses review aplikasi diperkirakan memakan waktu kurang lebih 60 hari jika aplikasi sudah lengkap dan NABP tidak memerlukan informasi lebih lanjut.
  • Setelah aplikasi disetujui, NABP akan memberi Anda token elektronik yang aman. Anda harus mengirimkan token ke salah satu registrar yang disetujui NABP untuk mendaftarkan domain tersebut.

Bagi yang telah disetujui diberi domain .pharmacy harus mendaftar ulang dengan NABP dan mendaftar ulang dengan salah satu pendaftar yang disetujui NABP setiap tahun. Semua biaya yang relevan akan dikenakan.

Sumber :

Digital Pharmacy Accreditation https://nabp.pharmacy/programs/digital-pharmacy/

Obtaining a .Pharmacy Domain https://nabp.pharmacy/programs/dotpharmacy/apply/

The Best Online Pharmacies of 2020 https://money.com/best-online-pharmacy/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Peringkat Akreditasi Majalah Farmasetika Naik Menjadi SINTA 3

Majalah Farmasetika – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.