Ratusan Ribu Orang di Tiongkok Disuntik Vaksin COVID-19 yang Sedang Diuji Klinik Fase 3

Majalah Farmasetika – Sebuah perusahaan farmasi asal Tiongkok telah menyuntik ratusan ribu orang dengan vaksin Covid-19 eksperimental dalam konteks penggunaan darurat yang diizinkan otoritas Pemerintah Tiongkok. Salah satu dari 2 vaksin eksperimental tersebut adalah vaksin dari Sinovac yang sedang di uji klinis di Indonesia.

Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan bersama 9 perusahaan vaksin di Eropa dan Amerika Serikat agar tidak memberikan vaksinasi massal sebelum studi ilmiah yang ketat selesai.

China National Biotec Group (CNBG) Co, anak perusahaan Sinopharm milik negara, telah memberikan dua kandidat vaksin eksperimental kepada ratusan ribu orang di bawah kondisi penggunaan darurat yang disetujui oleh Beijing pada Juli, kata perusahaan itu pekan ini.

Secara terpisah, pembuat obat asal Tiongkok Sinovac Biotech Ltd. mengatakan telah menginokulasi sekitar 3.000 karyawan dan anggota keluarga mereka, termasuk kepala eksekutif perusahaan, dengan vaksin virus korona eksperimental.

Ketiga kandidat vaksin tersebut masih menjalani uji klinis Fase 3, yang melibatkan pengujian keamanan dan keefektifan vaksin pada ribuan orang. Enam kandidat vaksin Covid-19 terkemuka lainnya juga berada dalam fase terakhir ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Pemerintah Tiongkok yang mengatakan sebagian besar telah membasmi virus korona baru di dalam perbatasannya, juga telah mengambil pendekatan agresif terhadap vaksinasi. Di antara ratusan ribu orang yang telah disuntik dengan dosis vaksin eksperimental dari CNBG, anak perusahaan Sinopharm, adalah karyawan Phoenix Satellite Television Holdings Ltd. yang berbasis di China daratan.

Phoenix Television mengatakan minggu lalu bahwa mereka menyuntikkan karyawannya berdasarkan kebijakan penggunaan darurat China, tetapi tidak mengatakan berapa banyak yang menerima vaksin.

Zhou Song, seorang pejabat senior di CNBG, mengatakan di akun media sosial perusahaan bahwa tidak ada satu orang pun yang menerima vaksinasi yang terinfeksi virus corona baru atau mengalami reaksi merugikan yang nyata. Zhou juga mengatakan perusahaan tidak memvaksinasi wanita yang sedang hamil atau menyusui. CNBG tidak mengatakan apakah mereka memberi tahu orang-orang yang divaksinasi tentang potensi risiko.

Baca :  Mulai Uji Klinik, Vaksin COVID-19 dari Kalbe Farma berteknologi DNA

Tuan Zhou mengatakan suntikan yang diberikan sejauh ini, termasuk kepada pekerja China yang bekerja di proyek infrastruktur di luar negeri, telah menunjukkan keefektifan vaksin.

Sementara pekerja infrastruktur China bukan bagian dari uji klinis formal perusahaan, Zhou mengatakan bahwa perusahaan telah mengumpulkan data di beberapa negara yang menunjukkan bahwa vaksinasi telah melindungi mereka selama beberapa bulan.

Liu Peicheng, juru bicara Sinovac, yang mengatakan telah menyuntik 3.000 karyawan dan anggota keluarga mereka, mengatakan vaksinasi perusahaan baru-baru ini murni sukarela dan telah mengungkapkan kepada penerima potensi risiko penggunaan vaksin sebelum selesainya uji klinis. Dia mengatakan perusahaan telah mengajukan tawaran kepada karyawannya karena memandang pekerjaan mereka sangat penting untuk kemajuan vaksin dan ingin memastikan keselamatan pekerja dalam upaya itu.

“Kami di sini bukan untuk menunjukkan keamanan vaksin kepada publik,” kata Liu tentang penggunaan darurat.

China telah berjanji untuk membagikan vaksin yang berhasil dengan negara lain, banyak di antaranya memiliki kepentingan strategis ke Beijing, termasuk Filipina, Indonesia, dan Brasil. Sinovac telah setuju untuk memberikan 100.000 dosis vaksin, gratis, ke Bangladesh.

Selain dengan Sinovac, pemerintah Indonesia menjajaki kerjasama dengan perusahaan Sinopharm.

Sumber : China Injects Hundreds of Thousands With Experimental Covid-19 Vaccines https://www.wsj.com/articles/china-injects-hundreds-of-thousands-with-experimental-covid-19-vaccines-11599834029

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

9 Perusahaan Vaksin COVID-19 Berkomitmen Utamakan Efikasi dan Keamanan pada Uji Klinik

Majalah Farmasetika – Sembilan pengembang vaksin terkemuka AS dan Eropa berjanji pada hari Selasa untuk …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.