Riset Metformin Untuk Terapi Kanker Payudara Gagal Tingkatkan Kelangsungan Hidup

Majalah Farmasetika – Dalam investigasi terbesar terhadap masalah kanker payudara, metformin tidak meningkatkan kelangsungan hidup pasien dengan kanker payudara berisiko tinggi yang dapat dioperasi ketika ditambahkan ke perawatan adjuvant standar.

Metformin, pilihan umum untuk pasien dengan diabetes tipe 2, sebelumnya telah ditunjukkan dalam studi observasional terkait dengan peningkatan kelangsungan hidup pasien kanker, seperti yang dilaporkan oleh Medscape Medical News. Studi tersebut sebagian besar melibatkan pasien yang lebih tua dengan kanker yang juga menderita diabetes.

Temuan ini telah mengarah pada uji coba penggunaan metformin untuk pasien kanker yang tidak memiliki diabetes, tetapi dua uji coba kanker paru tidak menemukan efek pada kelangsungan hidup.
Sekarang percobaan terbaru pada kanker payudara ini, yang mencakup 3.649 pasien dengan penyakit reseptor hormon positif atau negatif dan yang tidak menderita diabetes, juga menemukan bahwa metformin tidak berpengaruh pada kelangsungan hidup.

Hasil ini “memberi tahu kami bahwa metformin tidak efektif melawan jenis kanker payudara yang paling umum dan penggunaan obat ini untuk pengobatan jenis kanker payudara umum ini harus dihentikan,” peneliti utama dan ahli onkologi medis Pamela Goodwin, MD, peneliti kanker payudara di Lunenfeld-Tanenbaum Research Institute di Toronto, Kanada, mengatakan dalam siaran pers.

Hasil negatif “menggarisbawahi perlunya uji coba acak yang dilakukan dengan baik” sebelum studi observasional dipraktikkan, kata Goodwin dan timnya.

Namun, para peneliti memperingatkan terhadap ekstrapolasi hasil mereka untuk pasien dengan diabetes, mencatat bahwa “karena metformin efektif pada diabetes tipe 2, hasilnya … tidak boleh mempengaruhi penggunaan metformin” pada pasien kanker payudara yang menderita diabetes.

Studi ini dipublikasikan secara online pada 24 Mei di JAMA.

Sumber :

M. Alexander Otto. Metformin Bombs in Breast Cancer in Landmark Trial – Medscape – May 25, 2022 https://www.medscape.com/viewarticle/974579

Share this:
Baca :  Talzenna, Obat Baru Terapi Kanker Payudara yang Lebih Selektif

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketum IAI : Kami Malu, 72% Antibiotik Masih Diberikan Tanpa Resep di Apotek

Majalah Farmasetika – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (Ketum PP IAI), apt. Noffendri …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.