Download Majalah Farmasetika

Mengandung Benzene Beresiko Kanker, Unilever AS Tarik 19 Produk Shampo dari Dove hingga TRESemme

Majalah Farmasetika – Unilever Amerika Serikat menarik kembali dari pasaran merek populer produk aerosol seperti sampo kering, dan produk Dove hingga TRESemme setelah ditemukannya kadar Benzena yang berpotensi tinggi di dalamnya.

Menurut pengumuman perusahaan pada 18 Oktober dan diterbitkan oleh Food and Drug Administration (FDA) pada 21 Oktober, penarikan Unilever berkaitan dengan produk yang dibuat sebelum Oktober 2021.

“Unilever Amerika Serikat hari ini mengeluarkan penarikan produk sukarela ke tingkat konsumen dari lot terpilih. kode produk aerosol sampo kering yang diproduksi sebelum Oktober 2021 dari Dove, Nexxus, Suave, TIGI (Rockaholic and Bed Head), dan TRESemme karena berpotensi meningkatkan kadar benzena.”

“Benzena diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit dan dapat mengakibatkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang dan gangguan darah yang dapat mengancam jiwa. Benzena ada di mana-mana di lingkungan. Manusia di seluruh dunia terpapar setiap hari di dalam dan di luar ruangan dari berbagai sumber, ”kata Unilever dalam pemberitahuan yang diposting oleh FDA di situs webnya.

“Berdasarkan evaluasi bahaya kesehatan independen, paparan harian terhadap benzena dalam produk yang ditarik pada tingkat yang terdeteksi dalam pengujian diperkirakan tidak akan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang merugikan. Unilever A.S. menarik kembali produk-produk ini karena sangat berhati-hati. Unilever belum menerima laporan tentang efek samping hingga saat ini terkait penarikan ini,” bunyi pemberitahuan lebih lanjut.

Sekarang, pengecer telah diberitahu untuk menghapus produk yang ditarik dari rak.

“Produk yang ditarik didistribusikan secara nasional di Amerika Serikat. Pengecer telah diberitahu untuk menghapus produk yang ditarik dari rak, ”tambah perusahaan.

  • Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
  • Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
  • Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
  • Dove Dry Shampoo Ultra Clean
  • Dove Dry Shampoo Invisible
  • Dove Dry Shampoo Detox and Purify
  • Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
  • Dove Dry Shampoo Go Active
  • Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
  • Nexxus Inergy Foam Shampoo
  • Suave Dry Shampoo Hair Refresher
  • Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
  • Tresemme Dry Shampoo Volumizing
  • Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
  • Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
  • Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo
  • Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
  • Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
  • Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo
    Baca :  Baloxavir Marboxil, Obat Influenza Pertama Untuk Anak Usia 5-11 Tahun

    Menanggapi hal ini, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Reri Indriani mengungkapkan, produk-produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia

    “Ini kami sudah memberikan penjelasan, bahwa tidak terdaftar di Indonesia,” ungkap Reri saat ditemui di Kawasan Kemayoran Jakarta pada Selasa (25/10/2022) dikutip dari bisnis.com.

    Bahkan Reri menyebut, penjelasan BPOM bahwa produk-produk tersebut tidak terdaftar diproduksi di Indonesia, sudah cukup lama.

    “Penjelasannya sudah cukup lama ya, mungkin kalo disearch penjelasan sampo tersebut, BPOM sudah menjelaskan tidak terdaftar diproduksi di Indonesia,” tegas Reri.

    Lebih lanjut, Reri menambahkan, BPOM terkait hal ini juga sudah melakukan pemantauan di pasaran.

    “Selain kami mengecek terdaftar tidaknya di Indonesia, kami juga melakukan pemantauan terhadap produk tersebut di pasaran,” pungkas Reri.

    Sumber

    Unilever US recalls Dove, aerosol dry shampoos over cancer risk https://www.easterneye.biz/unilever-us-recalls-dove-aerosol-dry-shampoos-over-cancer-risk/

    BPOM: Produk Sampo Kering Unilever yang Ditarik di AS Tidak Terdaftar di Indonesia https://bisnis.com/amp/read/20221026/106/1591564/bpom-produk-sampo-kering-unilever-yang-ditarik-di-as-tidak-terdaftar-di-indonesia

    Share this:

    About farmasetika.com

    Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

    Check Also

    Axicabtagene Ciloleucel Aman dan Dapat Ditoleransi untuk Limfoma Sistem Saraf Pusat yang Kambuh dan Refrakter

    Majalah Farmasetika – Para peserta dalam penelitian ini menunjukkan respons yang tahan lama selama lebih …

    Tinggalkan Balasan

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.