Download Majalah Farmasetika

FDA Rilis Vaksin Booster COVID-19 Bivalen untuk Anak Usia 6 Bulan hingga 4 Tahun

Majalah Farmasetika – Suntikan booster diperbarui untuk varian Omicron BA.4 dan BA.5 untuk anak-anak 6 bulan hingga 4 tahun.

Food and Drug Administration (FDA) AS telah mengesahkan kelayakan yang diperluas untuk booster COVID-19 bivalen yang diperbarui untuk anak-anak antara 6 bulan dan 4 tahun, badan tersebut mengumumkan hari ini. Suntikan booster bertarget varian Omicron yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna sudah tersedia untuk individu berusia 5 tahun ke atas.

“Lebih banyak anak sekarang memiliki kesempatan untuk memperbarui perlindungan mereka terhadap COVID-19 dengan vaksin COVID-19 bivalen, dan kami mendorong orang tua dan pengasuh dari mereka yang memenuhi syarat untuk mempertimbangkan melakukannya—terutama saat kita memasuki liburan dan bulan-bulan musim dingin di mana lebih banyak waktu akan dihabiskan di dalam ruangan,” kata Komisaris FDA Robert M. Califf, MD, dalam siaran pers

“Karena virus ini telah berubah, dan kekebalan dari vaksinasi COVID-19 sebelumnya berkurang, semakin banyak orang yang mengikuti perkembangan vaksinasi COVID-19, semakin banyak manfaat yang akan ada bagi individu, keluarga, dan kesehatan masyarakat dengan membantu mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian.”lanjutnya.

Tindakan FDA memberi wewenang kepada anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun yang diberikan vaksin COVID-19 Moderna monovalen asli untuk menerima satu booster vaksin COVID-19 Moderna bivalen yang diperbarui 2 bulan setelah selesainya seri utama dengan vaksin monovalen.

Untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun yang belum memulai seri primer 3 dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech atau yang belum menerima dosis ketiga dari seri primer, vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech bivalen yang diperbarui sekarang dapat diberikan sebagai dosis ketiga dalam seri primer setelah 2 dosis vaksin monovalen asli.

Khususnya, anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun yang menyelesaikan seri vaksin primer COVID-19 Pfizer-BioNTech 3 dosis dengan vaksin monovalen asli tidak memenuhi syarat untuk dosis booster bivalen yang diperbarui saat ini.

Baca :  Pemigatinib, Obat Bertarget Pertama untuk Neoplasma Limfoid yang Kambuh

“Anak-anak dalam kelompok usia ini yang telah menyelesaikan seri utama mereka masih diharapkan memiliki perlindungan terhadap hasil paling serius dari varian omicron yang beredar saat ini,” kata FDA dalam siaran pers.

“Data untuk mendukung pemberian dosis booster bivalen yang diperbarui untuk anak-anak ini diharapkan pada bulan Januari. Agensi berkomitmen untuk mengevaluasi data tersebut secepat mungkin.” Tegas FDA.

Baik vaksin COVID-19 bivalen Moderna dan Pfizer-BioNTech mencakup komponen mRNA yang sesuai dengan strain COVID-19 asli untuk menginduksi respons imun yang protektif secara luas terhadap COVID-19. Vaksin bivalen yang diperbarui juga mengandung komponen mRNA yang sesuai dengan garis keturunan Omicron varian BA.4 dan BA.5 untuk memberikan perlindungan superior terhadap Omicron, menurut FDA.

Dalam hal efek samping (AE), mereka yang diberikan vaksin bivalen yang diperbarui mungkin mengalami AE yang serupa dengan individu yang sebelumnya diberikan vaksin COVID-19 mRNA monovalen asli, menurut FDA.

“Vaksin tetap menjadi pertahanan terbaik terhadap konsekuensi paling menghancurkan dari penyakit yang disebabkan oleh varian omicron yang beredar saat ini, seperti rawat inap dan kematian. Berdasarkan data yang tersedia, vaksin bivalen yang diperbarui diharapkan dapat memberikan peningkatan perlindungan terhadap COVID-19,” ungkap Peter Marks, MD, PhD, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologik FDA, dalam siaran pers.

“Orang tua dan pengasuh dapat yakin bahwa FDA telah mengambil banyak perhatian dalam tinjauan kami, dan kami mendorong orang tua dari anak-anak dari segala usia yang memenuhi syarat untuk vaksinasi primer atau dosis penguat vaksin COVID-19 bivalen untuk mempertimbangkan mencari vaksinasi sekarang karena berpotensi membantu melindungi mereka dari COVID-19 selama masa ketika kasus meningkat.” Tutupnya.

Reference

Coronavirus (COVID-19) Update: FDA Authorizes Updated (Bivalent) COVID-19 Vaccines for Children Down to 6 Months of Age. FDA. News release. December 8, 2022. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/coronavirus-covid-19-update-fda-authorizes-updated-bivalent-covid-19-vaccines-children-down-6-months

Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

Kemenkes Rilis Kasus Gagal Ginjal Baru, Sirup Praxion Ditarik BPOM

Majalah Farmasetika – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan kasus baru gangguan asus baru Gangguan Ginjal Akut …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.