Download Majalah Farmasetika

Catat! Informasi Terbaru Tentang Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Bidang Kesehatan Tahun 2024

Majalah Farmasetika – Pada tanggal 21 November 2023, Komite Kesehatan melalui Nomor 1717/KOM-Kes/XI/2023 telah mengumumkan jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Bidang Kesehatan Tahun 2024. Edaran ini ditujukan kepada Rektor/Direktur/Pimpinan Institusi Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan dan Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Bidang Kesehatan.

Jadwal Uji Kompetensi Nasional

Jadwal Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Bidang Kesehatan Tahun 2024 telah disepakati berdasarkan hasil rapat Tim Pengarah dan koordinasi dengan Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Bidang Kesehatan. Dalam rangka melaksanakan Uji Kompetensi ini, beberapa hal perlu diperhatikan oleh pimpinan perguruan tinggi:

Hal-Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan

  1. Pendaftaran Peserta Uji Kompetensi
    • Pendaftaran calon peserta uji kompetensi akan dijalankan oleh program studi atau institusi mahasiswa melalui laman komite di www.uknakes.kemdikbud.go.id.
  2. Penyesuaian Kalender Akademik
    • Perguruan Tinggi diminta menyesuaikan kalender akademik dengan jadwal yang terlampir.
  3. Metode Ujian: Computer Based Test (CBT) Online
    • Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Tahun 2024 akan menggunakan metode Computer Based Test (CBT) secara online di perguruan tinggi/lokasi yang memiliki CBT Centre yang memenuhi standar.
  4. Peserta Uji Kompetensi
    • Mahasiswa yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) semester akhir dapat mengikuti uji kompetensi.
    • Mahasiswa Program Studi Vokasi dan Program Studi Profesi harus memastikan telah menyelesaikan seluruh proses pembelajaran.
    • Perguruan tinggi wajib melaporkan data peserta uji ke PD-Dikti paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional.
  5. Periode II dan Khusus Program Studi DIII Kebidanan, DIII Keperawatan, Profesi Bidan, dan Profesi Ners
    • Pada Periode II, perguruan tinggi hanya dapat mendaftarkan peserta ujian pada satu gelombang. Peserta yang sudah mendaftar di gelombang 1 tidak diperbolehkan mendaftar di gelombang 2.
  6. Perbaikan Data dan Konsekuensi
    • Perguruan tinggi dapat melakukan perbaikan data peserta melalui PD Dikti jika terdapat kesalahan penulisan identitas.
    • Peserta yang tidak memenuhi syarat-syarat akan dibatalkan kepesertaannya, tanpa pengembalian biaya pendaftaran.
Baca :  Cara Apoteker Penuhi Kebutuhan Pasien Lebih Baik di Apotek Masa Depan

Kesimpulan

Edaran ini memberikan informasi penting terkait pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Bidang Kesehatan Tahun 2024. Pimpinan perguruan tinggi diharapkan untuk memperhatikan dan mempersiapkan segala hal yang diperlukan guna kelancaran dan keberhasilan Uji Kompetensi Nasional ini. Komite Kesehatan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerja sama yang diberikan. Semoga Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Bidang Kesehatan Tahun 2024 berjalan sukses.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Penggunaan Obat Osteoporosis Ditemukan Berpotensi Mengurangi Risiko Diabetes

Majalah Farmasetika – Denosumab dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes, demikian hasil dari sebuah penelitian terbaru …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.