Download Majalah Farmasetika

Hati-Hati! Bakteri Lambung Menjadi Faktor Risiko Tinggi Penyakit Alzheimer

Majalah Farmasetika – Mereka yang terpapar bakteri lambung yang didapat secara klinis memiliki risiko penyakit Alzheimer meningkat sebesar 24% setelah satu dekade dari awal infeksi.

Helicobacter pylori telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer (AD), menurut hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam Alzheimer’s & Dementia: The Journal of the Alzheimer’s Association. Risiko AD sekitar 24% setelah satu dekade dari awal infeksi H. pylori yang didapat secara klinis (CAHPI), menurut para penulis studi.

“Dengan meningkatnya populasi global yang menua, diperkirakan jumlah penderita demensia akan tiga kali lipat dalam 40 tahun mendatang. Namun, masih kurangnya pilihan pengobatan yang efektif untuk penyakit ini,” kata Paul Brassard, MD, MSc, seorang profesor di Departemen Kedokteran Universitas McGill. “Kami berharap temuan dari penyelidikan ini akan memberikan wawasan tentang peran potensial H. pylori dalam demensia untuk membantu pengembangan strategi pencegahan, seperti program pemberantasan yang individual, untuk mengurangi infeksi pada tingkat populasi.”

H. pylori telah mengalami penurunan prevalensi secara global, dengan faktor risiko terbesar di Amerika adalah jenis kelamin pria, kepatuhan yang buruk atau akses sulit ke pengobatan, atau kurangnya air bersih di rumah, menurut tinjauan yang diterbitkan di jurnal Children (Basel). Menurut para penulis tinjauan tersebut, H. pylori merupakan salah satu “penyebab infeksi kanker paling penting di dunia, karena 8 dari 10 kanker lambung pada orang dewasa dapat dikaitkan dengan infeksi ini.”

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan individu yang berusia 50 tahun atau lebih muda dari Clinical Practice Research Datalink GOLD Inggris, sebuah basis data perawatan utama dari catatan medis anonim. Individu direkrut antara Januari 1988 dan Desember 2018, dengan follow-up hingga Desember 2019, menurut para penulis studi. Pada saat pendaftaran, semua individu tidak menderita demensia.

Baca :  Peneliti Klaim Berhasil Identifikasi Virus dan Bakteri Penyebab Alzheimer

Ada 4.262.092 individu yang dimasukkan, dengan usia rata-rata 60,4 tahun dan 52,1% perempuan, menurut studi tersebut. Karakteristik serupa di antara 40.455 kasus AD dan 1.610.502 individu tanpa AD, yang digunakan sebagai kontrol. Dibandingkan dengan mereka yang tidak terpapar CAHPI, mereka yang terpapar terkait dengan risiko AD yang sedang meningkat. Peningkatan mencapai puncaknya pada 7,3 hingga 10,8 setelah onset CAHPI, menurut para penulis studi. Peneliti juga melaporkan bahwa tidak ada efek utama saat menyesuaikan untuk demografi atau status sosioekonomi.

Saat menyesuaikan untuk periode lag 3 dan 5 tahun, menghentikan follow-up pada demensia non-AD, menggunakan definisi CAHPI alternatif, dll., tidak mengubah hasilnya, menurut para penulis studi.

“Penerapan periode lag 10 tahun menyebabkan penurunan sedikit dalam OR dan jumlah kasus terpapar yang lebih rendah yang mengakibatkan kehilangan presisi dengan CI yang lebih lebar,” menurut para peneliti.

Analisis dengan salmonelosis, digunakan sebagai kontrol paparan, tidak menunjukkan hubungan dengan risiko AD, menurut para penulis studi. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan hasil yang konsisten dengan jenis demensia apa pun.

Referensi

  1. The stomach bug that may raise your risk of Alzheimer’s disease. News release. EurekAlert. December 22, 2023. Accessed January 2, 2024. https://www.eurekalert.org/news-releases/1029843
  2. Borka Balas R, Meliț LE, Mărginean CO. Worldwide Prevalence and Risk Factors of Helicobacter pylori Infection in Children. Children (Basel). 2022;9(9):1359. doi:10.3390/children9091359
  3. Douros A, Ante Z, Fallone CA, Azoulay L, et al. Clinically apparent Helicobacter pylori infection and the risk of incident Alzheimer’s disease: A population-based nested case-control study. Alzheimers Dement. 2023. doi:10.1002/alz.13561
Share this:

About jamil mustofa

Avatar photo

Check Also

FDA telah menyetujui 2 metode administrasi baru untuk tablet obat antikejang (ASM) cenobamate (Xcopri; SK Biopharmaceuticals).

Majalah Farmasetika – Obat ini ditujukan untuk pasien dewasa dengan kejang parsial, dan kini obat …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.