Home / Sediaan & Alkes / Parenteral / Mengenal Obat Suntik Baru Untuk Migrain Akut yang Bisa Digunakan Oleh Pasien
two-step

Mengenal Obat Suntik Baru Untuk Migrain Akut yang Bisa Digunakan Oleh Pasien

Majalah Farmasetika (V1N9-November 2016). Injeksi subkutan Zembrace Symtouch (sumatriptan succinate) beberapa waktu lalu telah disetujui Food Drug and Administration (FDA) untuk terapi migrain akut pada orang dewasa.

Apa itu Zembrace SymTouch

Zembrace SymTouch merupakan Inovasi baru oleh ahli farmasi setelah sebelumnya plester trandermal sumatriptan memperoleh peringatan dari FDA karena menyebabkan efek samping luka bakar.

[Baca : Plester Transdermal Migrain Ini Ternyata Bisa Sebabkan Luka Bakar]

Persetujuan dari FDA dengan catatan khusus yang harus digunakan hanya jika diagnosis yang jelas telah mengalami migrain dan bahwa itu tidak diindikasikan untuk profilaksis manajemen migrain.

Zembrace SymTouch diberikan dalam 2-langkah autoinjector sistem isi ulang. Rute administrasi subkutan dapat memberikan bantuan anti migrain yang cepat dan menjadi rute pengiriman obat pilihan untuk pasien yang mengalami mual, muntah, atau gangguan lambung lainnya.

Farmakologi dan farmakokinetika

Zembrace SymTouch adalah agonis reseptor serotonin. Ia mengikat dengan afinitas tinggi untuk kloning reseptor 5-HT1B / 1D di manusia. Efeknya produk yang diduga hasil dari aktivitas agonis pada 5-HT1B reseptor / 1D pada pembuluh darah intrakranial dan saraf sensorik dari sistem trigeminal, yang mengarah ke tengkorak penyempitan pembuluh dan inhibisi pelepasan neuropeptida proinflamasi.

Setelah dosis subkutan 3-mg, Zembrace SymTouch ditemukan bioekuivalen dengan produk inovator Imitrex injeksi subkutan. Dengan waktu rerata untuk konsentrasi puncak dari dosis 6 mg adalah 12 menit, dengan kisaran 5 sampai 20 menit. Usia, ras, atau ringan sampai sedang gangguan hati tidak mempengaruhi farmakokinetik Zembrace SymTouch.

Dosis dan administrasi

Zembrace SymTouch harus diberikan sebagai injeksi subkutan 3-mg tunggal pada timbulnya migrain akut. Maksimal 12 mg dapat diberikan dalam waktu 24 jam, dengan dosis masing-masing 3-mg dipisahkan oleh setidaknya selama sejam.

Baca :  Hasil Uji Klinik 2 Terapi Baru Migrain dengan Antibodi Monoklonal Menggembirakan

Pengujian Klinis

Suatu design pengujian klinis dilakukan dengan membandingkan 6 dosis yang berbeda dari Zembrace SymTouch untuk plasebo untuk menentukan hubungan dosis-respons. Uji klinis menemukan bahwa setelah dosis subkutan 3-mg, 17% dari pasien yang menggunakan Zembrace SymTouch mengalami nyeri di 10 menit, 47% pada 30 menit, 57% pada 1 jam, dan 60% pada 2 jam.

Uji coba terkontrol plasebo dari 1.104 pasien dengan moderat untuk sakit migrain parah menemukan bahwa 70% dari pasien yang menggunakan Zembrace SymTouch 6 mg mengalami sakit kepala dalam waktu 1 jam dari pemberian dosis. Setelah 2 jam, sekitar 82% dari pasien Zembrace SymTouch mengalami nyeri dan sekitar 65% adalah bebas rasa sakit. Kelompok Zembrace SymTouch juga melaporkan relief fotofobia, fonofobia, mual, dan muntah yang berhubungan dengan KONTRA migraine.1,

Peringatan dan kontraindikasi

Zembrace SymTouch merupakan kontraindikasi pada pasien dengan riwayat penyakit arteri koroner, vasospasme koroner, stroke, serangan iskemik transien, migrain hemiplegia, atau migrain basilar. Produk ini kontraindikasi pada pasien dengan sindrom Wolff-Parkinson-White atau gangguan konduksi jalur tambahan jantung lainnya, penyakit pembuluh darah perifer, penyakit usus iskemik, hipertensi yang tidak terkontrol, penggunaan lain agonis 5-HT1 atau obat ergotamine mengandung dalam 24 jam terakhir, penggunaan bersamaan dari monoamine oxidase-A inhibitor atau penggunaan satu dalam 2 minggu terakhir, hipersensitivitas terhadap sumatriptan, atau gangguan hati berat.

Pasien dengan beberapa faktor risiko kardiovaskular harus memiliki evaluasi jantung sebelum memulai pengobatan. Zembrace SymTouch harus dihentikan jika aritmia terjadi. Dada, tenggorokan, leher atau rahang sakit, sesak, tekanan, atau berat mungkin terjadi selama pengobatan dan biasanya tidak berhubungan dengan iskemia miokard; Namun, pasien berisiko tinggi harus dievaluasi untuk penyakit arteri koroner. Zembrace SymTouch harus dihentikan jika pendarahan otak, perdarahan subarachnoid, stroke, iskemia gastrointestinal, atau reaksi vasospastik perifer terjadi.

Baca :  Plester Transdermal Migrain Ini Ternyata Bisa Sebabkan Luka Bakar

Detoksifikasi mungkin diperlukan jika obat berlebihan sakit kepala terjadi. Zembrace SymTouch harus dihentikan jika sindrom serotonin terjadi. produk harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan epilepsi atau ambang kejang diturunkan.

Efek samping dan ketersediaan di Indonesia

Efek samping yang paling umum dari Zembrace SymTouch (terjadi di ≥5% dari pasien dan dengan insiden lebih besar dari pasien yang memakai plasebo) yang reaksi injeksi-situs, kesemutan, pusing atau vertigo, hangat atau panas sensasi , sensasi terbakar, terasa berat, sensasi tekanan, pembilasan, rasa sesak, dan numbness.

Sayangnya hingga kini obat inovatif ini masih harus menunggu lama agar bisa hadir di pasaran Indonesia.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2016/october2016/zembrace-symtouch

Share this:
  • 393
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    393
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Natrium Dalteparin, Obat Antikoagulan Pertama Untuk Anak Tromboemboli Vena

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui injeksi natrium dalteparin (Fragmin, …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar