Home / Berita / Unpad Membuka Program S2 Ilmu Farmasi Gelar Ganda dengan Rutgers The State University USA
rutgers farmasi unpad

Unpad Membuka Program S2 Ilmu Farmasi Gelar Ganda dengan Rutgers The State University USA

farmasetika.com – Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan membuka program gelar ganda (Double Degree) yang bekerja sama dengan Universitas kelas dunia, Rutgers The State University. Program ini mulai dibuka pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 atau bulan Juli 2017.

Seperti dilansir dari situs resminya, Magister Ilmu Farmasi telah terakreditasi B pada tahun 2014 oleh BAN PT dengan No. 430/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2014. Sedangkan, Rutgers The State University berada di urutan 123 dari seluruh universitas di dunia berdasarkan Times Higher Education (THE), merupakan universitas nomor delapan tertua di Amerika. Berdasarkan webometrics, Rutgers The State University berada pada urutan ke 38 di dunia dan urutan ke 33 untuk rangking universitas di Amerika.

Apa itu program Gelar Ganda?

Program Gelar Ganda Unpad-Rutgers The State University, USA merupakan program kerja sama pendidikan Magister yang proses pendidikannya dilaksanakan selama dua tahun (pada tahun pertama proses pendidikan dilaksanakan di Unpad dan tahun  kedua di Rutgers The State University).

Lulusan program ini akan mendapatkan dua ijazah dan dua gelar. Universitas Padjadjaran akan memberikan ijazah dengan gelar M.Farm dengan bidang kajian Penemuan dan Pengembangan Obat (Drug Discovery and Development) yang ditandatangani Rektor Unpad dan Rutgers The State University akan memberikan gelar M.Sc. yang ditandatangani Rektor Rutgers The State University dalam kajian Clinical and Translational Science.

Kurikulum Pembelajaran Program Magister Ilmu Farmasi Gelar Ganda

Semester 1

No. Mata Kuliah SKS
1. Phylosophy of Science 2
2. Research methodology 2
3. Biostatistics 3
4. Physicochemistry Analysis 2
5. Molecular and Cellular Biology 2
Sub Total 11
Baca :  Martina Berto dan Farmasi Unpad Kembangkan Penelitan Bahan Aktif Natural Pencerah Kulit

 Semester 2

No. Mata Kuliah SKS
1. Pharmaceutical Dosage Development 2
2. Pharmacokinetics 2
3. Drug discovery and Development 2
4. Critical Apraisal and Evidence Based Medicine 2
Sub Total 8

Semester 3

No. Mata Kuliah SKS
1. Ethics and Regulation in Clinical Research 3
2. Thesis 4
3. Electives (minimum) 2
Sub Total 9

Semester 4

No. Mata Kuliah SKS
1. Commercializing Innovations 3
2. Funding for research 3
3. Practical Aspects of Clinical Trial Design 3
4. Thesis 4
Sub Total 13

Rekruitmen dan persyaratan

Sistem rekrutmen mahasiswa baru mengikuti kebijakan pola Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) dalam hal ini Pasca sarjana dengan kekecualian pada nilai TOEFL karena mahasiswa akan melakukan perkuliahan di Rutgers The State University pada tahun kedua. Pendaftaran calon mahasiswa program magister dilakukan melalui sistem registrasi online melalui website www.smup.unpad.ac.id. dengan persyaratan pendaftaran :

  1. Pelamar WNI/WNA (yang mendapat persetujuan Dikti)
  2. Memiliki ijazah kelulusan S1 ( fotokopi ijazah telah dilegalisasi dan dibawa pada saat wawancara)
  3. IPK calon mahasiswa minimal 3,0 untuk program MAGISTER,
  4. Memiliki sertifikat TOEFL/IEL, dianjurkan dengan nilai TOEFL minimal 500, atau  IELTS yang setara
  5. Menyertakan proposal usulan penelitian dan ringkasan penelitian yang memuat latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan, dan metode penelitian  diunggah ketika mendaftar online. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata. Proposal lengkap 2 ( dua ) eksemplar dibawa           pada saat ujian.  Disarankan proposal usulan penelitian sebelumnya sudah diketahui    oleh calon pembimbing/Promotor dan sejalan dengan lima bidang riset unggulan  sesuai dengan RIP Universitas Padjadjaran khusus program ini menggunakan RIP Kesehatan ( onkologi,  infeksi dan Obat herbal).
  6. Memiliki Surat Rekomendasi dari 2 orang (Profesor atau Lektor kepala dengan gelar minimum doktor sesuai bidang ilmunya/atasan tempat calon mahasiswa bekerja).   Surat rekomendasi dibawa pada saat wawancara
  7. Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BP-DN/BPPS dan BU (dosen dan calon dosen), diwajibkan melengkapi persyaratan pelamar BP-DN/BPPS/BU harus diserahkan langsung ke Program Pascasarjana Unpad Dipati Ukur No. 35 Bandung, paling lambat 2 hari sebelum wawancara pada jam kerja.
Baca :  Kini Hadir Teknologi Lensa Implan Pengatur Cahaya untuk Penderita Katarak

Syarat tambahan berkaitan dengan perkuliahan tahun kedua yang akan dilakukan di Rutgers The State University, maka nilai TOEFL mahasiswa harus mencapai minimal 550 pada semester 2 untuk paper-based TOEFL atau computer-based TOEFL 213 atau minimum IBT-internet based TOEFL untuk writing 22, speaking 23, reading 21 dan listening 17 atau IELTS 7. Sesuai dengan kriteria penerimaan di Rutgers The State University maka pendaftar harus memiliki hasil akademik sarjana yang baik dan telah lulus mata kuliah kimia dasar, kimia organik dan biologi.

Biaya program

  • Untuk tahun pertama pada saat kuliah dilakukan di UNPAD, ketentuan pembayaran mengikuti besaran dana perkuliahan per semester di UNPAD untuk program magister
  • Untuk tahun kedua pada saat perkuliahan dilakukan di Rutgers The State University pembayaran dana adalah sebesar $ 1,328.00 per SKS

Sumber : farmasi.unpad.ac.id

Print Friendly, PDF & Email
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Bio Farma Berkomitmen Hilirisasi Produk Hasil Riset Kampus PTNBH

Farmasetika.com – Sebagai komitmen Bio Farma dalam hilirisasi inovasi riset terapan, mulai menunjukan ketertarikannya pada …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar