Home / Berita / Editorial / 97% Apoteker Menginginkan Pemasangan Gelar “apt” di Depan Nama
ijpst
iai

97% Apoteker Menginginkan Pemasangan Gelar “apt” di Depan Nama

farmasetika.com – Editorial. Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) telah merilis surat edaran : B1. 207/PP.IAI/1418/VI/2017 terkait masukan gelar apt pada 15 Juni 2017. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, redaksi farmasetika.com telah membuat survei online sejak tanggal 16 Juni 2017 dan masih dibuka melalui link berikut ini.

Dalam survei tersebut terdiri dari 4 pertanyaan, yakni: nama, asal institusi apoteker, setuju tidaknya terkait pemasangan gelar apt di depan, komentar. 137 apoteker dari berbagai institusi apoteker mengikuti survei secara online. 97% dari 137 apoteker setuju agar pemasangan gelar “apt” sebelum nama.

Berikut adalah hasil survei sementara hingga tanggal 3 Juli 2017, untuk menjaga kerahasiaan, kami tidak mengumumkan nama apoteker yang ikut serta dalam survei ini.

1. Asal institusi apoteker

2. Hasil polling

3. Komentar

Gravatar
Gravatar180,097,097 Agar profesi Apoteker lebih di kenal Monday, Jun 26th 1:08AM
Gravatar179,985,115 Agar lebih di kenal seperti gelar dokter Friday, Jun 23rd 11:32AM
Gravatar179,955,557 Gelar di depan ini menjadi penyemangat untuk bersikap lebih profesional Thursday, Jun 22nd 11:42PM
Gravatar179,902,589 Untuk lebih memperkenalkan ‘apoteker’ secara tersurat kepada masyarakat. Thursday, Jun 22nd 3:19AM
Gravatar179,895,526 Dengan semakin dikenalnya profesi apoteker, semaking diakui peranannya (terutama di dunia klinis), dampak jangka panjangnya adalah peningkatan mutu pelayanan terhadap pasien, mengingat pentingnya pencapaian sistem pelayanan kolaboratif yang katanya patient oriented. Wednesday, Jun 21st 9:38PM
Gravatar179,894,734 Namun gelar sarjana S1 tdk perlu.kecuali jika S2 up..bolehlah dikasih.trus kalau udah S2.gelar S1 nya g usah…kayake aneh nyebutnya…SFarm.Mpharm.Apt… Wednesday, Jun 21st 9:06PM
Gravatar179,843,581 2 Tuesday, Jun 20th 6:00PM
Gravatar179,843,447 Masyarakat harus lbh mengenal apa itu apoteker, siapa itu apoteker, kapan mereka bekerja, bagaimana pentingnya peran apoteker dlm penggunaan obat, dn dimana dpt bertemu dg apoteker.. Tuesday, Jun 20th 5:49PM
Gravatar179,826,242 Gelar Apoteker didepan lebih mudah dikenal oleh masyarakat Tuesday, Jun 20th 10:19AM
Gravatar179,817,242 Semoga apoteker makin dikenal di masyarakat. Shg perannya makin terlihat. Tuesday, Jun 20th 7:04AM
Gravatar179,809,598 Biasa aja sih sebenarnya toh masyarakat juga sudah tau kalo apoteker itu di bagian obat-obatan
Selama kerja benar dan dedikasi tinggi, masyarakat juga lambat laun akan mengenal profesi ini
Kalo gelar hanya untuk gagah2an sih mending gak usah kesannya apoteker gamau kalah pamor. Toh sekarang masyarakat juga sudah banyak yg kenal profesi ini. Kalo mau malah disebar tenaga kerjanya bukannya branding nama pake gelar tapi gak salah juga sih branding dengan gelar selama kinerja juga baik. Semoga bisa jadi masukan :))
Tuesday, Jun 20th 4:09AM
Gravatar179,806,774 JAYA APOTEKER ? Tuesday, Jun 20th 2:55AM
Gravatar179,805,871 Menggunakan profesi apoteker di depan tp menggunakan huruf besar di awal nya .
Ex : Apt Royyan Dwi Agustio S.Farm
Tuesday, Jun 20th 2:34AM
Gravatar179,803,547 Agar lebih mudah dikenal masyarakat. Tuesday, Jun 20th 1:26AM
Gravatar179,803,520 Semoga kedepan ada plan2 bijak terkait kesejahteraan apt Tuesday, Jun 20th 1:21AM
Gravatar179,802,003 Ketika org mengenal apoteker dgn istilah ahli obat, maka disitu rasa tanggung jawab apoteker sendiri dipergunakan. Sehingga dapat memberikan semangat trhadap apoteker sendiri untuk senantiasa belajar agar masyarakat lebih percya dan yakin bahwa apoteker sumber informasi bagi masyarakat terkait informasi serta edukasi ttg obat Monday, Jun 19th 11:59PM
Gravatar179,800,671 Biar ada perubahan untuk profesi kita. Monday, Jun 19th 10:37PM
Gravatar179,798,326 Seperti yang dikatakan bahwa, dgn kebiasaan memanggil gelarnya masyarakat pasti akan lebih mengenal profesi apoteker Monday, Jun 19th 8:29PM
Gravatar179,797,675 Supaya lebih di kenal oleh masyarakat luas Monday, Jun 19th 8:04PM
Gravatar179,791,243 agar apoteker lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat awam yang tak mengerti adanya peran apoteker dalam bidang kesehatan Monday, Jun 19th 3:52PM
Gravatar179,776,161 Biar lebih terkenal n familiar di mata masyarakat Monday, Jun 19th 9:43AM
Gravatar179,775,675 Lebih mengenalkan profesi dan agar terbiasa memanggil apoteker sesama nakes. Monday, Jun 19th 9:34AM
Gravatar179,769,105 Semangat untuk para reka sejawat smg usulannya disetujui segera!! Monday, Jun 19th 7:10AM
Gravatar179,768,608 Setuju, karena dengan begitu sedikit demi sedikit akan merubah paradigma apoteker di Indonesia yang masih kurang diapresiasi sebagai sebuah profesi tenaga kesehatan Monday, Jun 19th 6:58AM
Baca :  Regulasi Apotek Online dan Antar Obat di Jerman Mengedepankan Peranan Apoteker
Gravatar179,768,019 Tapi klo jadi didepan ijazah dll gimna? Monday, Jun 19th 6:42AM
Gravatar179,768,011 Dengan penulisan gelar Apt di depan akan membuat apoteker lebih dikenal seperti halnya dokter. Monday, Jun 19th 6:40AM
Gravatar179,767,754 Agar apoteker lebih dikenal di masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan diri apoteker dalam berpraktik, tidak hanya di belakang layar tapi kini berada di depan layar Monday, Jun 19th 6:33AM
Gravatar179,755,579 agar masyarakat lebih mengenal adanya profesi apoteker Sunday, Jun 18th 9:06PM
Gravatar179,731,380 setuju Sunday, Jun 18th 4:06AM
Gravatar179,727,343 Bismillah, semoga dg gelar baru ini masyarakat semakin tahu tentang apoteker. Amin semoga sukses Sunday, Jun 18th 12:54AM
Gravatar179,726,093 Agar profesi apoteker lebih dikenal sama seperti dokter Saturday, Jun 17th 11:41PM
Gravatar179,724,710 Agar apoteker lebih dikenal masyarakat dan dikenal bukan sekedar tukang obat saja Saturday, Jun 17th 10:41PM
Gravatar179,716,110 Saran aja, bagaimana jika gelar S1 nya di hilangkan. Jadi hanya:
apt. Brilliani Farmasetikawati
Saturday, Jun 17th 4:38PM
Gravatar179,709,780 Biar masyarakat mengenal apoteke, Saturday, Jun 17th 1:20PM
Gravatar179,706,927 Setuju banget biar kita sebagai Apoteker bisa lebih dikenal dan dihargai Saturday, Jun 17th 12:05PM
Gravatar179,701,262 Agar apoteker semakin jaya Saturday, Jun 17th 9:41AM
Gravatar179,699,753 Semoga dg adanya ide tsb masyarakat jd lbh mengenal profesi kita Saturday, Jun 17th 9:02AM
Gravatar179,697,860 Cuma gelar Apt di depan tanpa gelar di belakang Saturday, Jun 17th 8:17AM
Gravatar179,685,636 Apt bukan apt Saturday, Jun 17th 1:05AM
Gravatar179,684,950 Bagaimana kalo apt. Ismadi saja. Tidak menggunakan S. Farm lagi kalo sudah apoteker. Supaya ga rancu juga saat dipanggil lengkap. Saturday, Jun 17th 12:26AM
Gravatar179,684,881 Pembenahan dari internal sejawat Apoteker
juga diperlukan
Saturday, Jun 17th 12:19AM
Gravatar179,684,178 Rapihkan roda organisasi IAI.. khususnya di PC Daerah tertentu.. dinkes mengeluarkan SIPA tanpa ada surat rekomendasi dari pengurus PC khususnya tim rekomendasi.. ada juga nama apoteker sebagai penanggungjawab walaupun sudah mengundurkan diri dan apoteknya ttp buka selama 6 bulan setelah APA nya resign.. maklum yg punya sekretaris dinkes.. mohon di bantu.. Friday, Jun 16th 11:39PM
Gravatar179,684,171 Sanga setuju. Dan segera d realisasikan Friday, Jun 16th 11:42PM
Gravatar179,683,951 Setuju. Apoteker lebih mudah dikenal dengan pencantuman gelar seperti itu. Friday, Jun 16th 11:27PM
Gravatar179,683,832 Saya setuju segala bentuk usaha dalam memperkenalkan atau mempermudah masyarakat untuk mengenal dan menganggap keberadaan profesi apoteker Friday, Jun 16th 11:22PM
Gravatar179,683,696 Betul sekali, agar profesi apoteker lebih dikenal masyarakat luas Friday, Jun 16th 11:18PM
Gravatar179,683,455 Agar masyarakat lebih mengenal profesi Apoteker dan terbiasa dengan sebutan Apoteker. Friday, Jun 16th 11:05PM
Gravatar179,683,423 Penyebutan apoteker di depan nama dapat memperbaiki citra apoteker selama ini dan agar apoteker lebih dikenal di masyarakat Friday, Jun 16th 11:03PM
Baca :  Survei Buktikan Apoteker Berperan Penting dalam Pelayanan Kesehatan
Gravatar179,683,239 sangaaaaaaaaat setuju, untuk mengenalk Friday, Jun 16th 10:53PM
Gravatar179,683,182 Gelar sarjana tidak perlu dicantumkan lagi jika sdah lulus apoteker, karena jika sdah bergelar apoteker, maka pasti sblumnya lulus sarjana frmasi, kcuali Glar psca srjana lain seprti S2 farmasi, spesialis, S3, dan Profesor. Friday, Jun 16th 10:46PM
Gravatar179,682,784 Dengan cara demikian lambat laun masyarakat akan mengetahui apa, siapa itu apoteker, dan tdk asing lagi didengar Friday, Jun 16th 10:28PM
Gravatar179,682,315 Setuju Friday, Jun 16th 10:00PM
Gravatar179,681,889 Agar lebih di kenal masyarakat, karena yang masyarakat tahu itu hnyalah dokter, bidan dan perawat. Friday, Jun 16th 9:32PM
Gravatar179,681,624 sudah sepantasnya memang jasa kita di hargai denga sebutan gelar profesi di depan nama agar masyarakat makin tau dan mengenal profesi kita Friday, Jun 16th 9:17PM

Hingga saat ini survei/polling masih dibuka melalui link berikut ini. Hasil survei ini akan dilaporkan ke PP IAI.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com.

Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami.

Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Indonesian Journal of Pharmaceutics 2017-07-19 21-24-17

Farmasi Unpad Luncurkan Jurnal Internasional “Indonesian Journal of Pharmaceutics”

farmasetika.com – Editorial. Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran (Unpad) baru-baru ini …

Leave a Reply

Skip to toolbar