Download Majalah Farmasetika
infeksi

Cara Melindungi Pasien dari Resistensi Antibiotik di Rumah Sakit

Cara Melindungi Pasien dari Resistensi Antibiotik di Rumah Sakit. Center for Disease and Prevention (CDC) memberikan tips untuk menghindari pasien terkena resistensi antibiotik yang sering terjadi di Rumah Sakit saat ini.

Resistensi antibiotik di Rumah Sakit juga sebagai penyebab utama terjadinya infeksi yang berhubungan dengan fasilitas kesehatan/infeksi nosokomial (healthcare-associated infections/HAIs).

Menurut CDC, ada 6 jenis bakteri resisten yang mematikan dan bisa menimbulkan sepsis bahkan kematian. Bakteri tersebut adalah CRE (carbapenem-resistant Enterobacteriaceae), MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus ), ESBL-producing Enterobacteriaceae (extended-spectrum ß-lactamases), VRE (vancomycin-resistant enterococci), multi-drug resistant pseudomonas, and multi-drug resistant Acinetobacter.

C. difficile adalah jenis yang paling umum dari bakteri penyebab timbulnya infeksi nosokomial di rumah sakit. Kebanyakan C. difficile tidak resisten antibiotik yang dipakai untuk mengobatinya, tetapi penggunaan antibiotik yang tidak benar menempatkan pasien pada risiko tinggi terhadap diare yang mematikan.

Berikut adalah tips dari CDC dalam bentuk gambar. Selain menjaga infeksi dari penggunaan kateter serta menjaga sanitasi di Rumah Sakit, yang terpenting adalah peranan tenaga kesehatan seperti Apoteker dalam mengatur dosis yang tepat untuk pemberian Antibiotiknya serta kepatuhan pasiennya.

infeksi
@CDCgov Mar 9 New #VitalSigns report shows need for combined action to better protect patients.

Sumber : http://www.cdc.gov/vitalsigns/protect-patients/index.html

Share this:
Baca :  Konsumsi Rokok Elektrik, Regulator AS Temukan Lagi Zat Berbahaya di Bronkus

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

praktek kefarmasian

Viral! Petugas Cleaning Service Nekat Meracik Obat untuk Pasien di RSUD Ryacudu, 7 Orang Diperiksa Inspektorat

Majalah Farmasetika – Seorang petugas cleaning service di RSUD Ryacudu, Kotabumi, Lampung Utara, mendadak viral …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.