botol tetes mata

Segel Obat Tetes Mata Hindari Kontaminasi Tapi Waspada Penggunaannya

Penutup Segel Obat Tetes Mata Penting Untuk Hindari Kontaminasi, namun waspada ketika segel terlepas sewaktu penggunaannya. Badan POM-nya Amerika, Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan masyarakat tentang botol tetes mata yang memiliki segel pengaman plastik yang longgar atau merusak cincin yang terlihat di bawah tutup botol yang mungkin terlepas ketika produk digunakan (15/3).

Plastik segel pengaman atau cincin juga dikenal sebagai leher,sebenarnya harus tetap terhubung dengan leher botol. Namun, beberapa botol tetes mata kehilangan segel pengaman atau cincin ketika konsumen memiringkan atau memeras botol untuk menempatkan tetes mata ke mata mereka. Segel keamanan longgar meningkatkan risiko keamanan karena dapat membahayakan dan membuat mata cedera ketika digunakan.

Konsumen atau penyedia layanan kesehatan yang memiliki produk ini tidak harus berusaha untuk melepas cincin atau segel karena ada potensi untuk mencemari ujung penetes. Seperti kita ketahui Tetes mata harus steril bebas kontaminasi dan tersatukan secara fisiologis.

Saat ini, FDA sedang dalam proses identifikasi semua produk yang relevan dan akan memerlukan perubahan dalam desain kemasan. FDA sangat menganjurkan menggunakan botol tetes mata bersegel, atau desain botol / cap mirip dengan yang ada di botol minuman plastik sekali pakai untuk mencegah cincin terlepas ketika menggunakan produknya.

FDA telah menerima laporan dari enam kejadian buruk yang terkait dengan segel keamanan longgar di botol tetes mata.

Sumber : http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm490693.htm

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Mengenal Sarclisa (Isatuximab-irfc), Obat Baru untuk Pengobatan Multiple Myloma

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.