nalokson
Atasi Ketergantungan Narkoba, Apoteker Bisa Berikan Nalokson Tanpa Resep

Atasi Ketergantungan Narkoba, Apoteker Bisa Berikan Nalokson Tanpa Resep

Atasi Ketergantungan Narkoba, Apoteker Bisa Berikan Nalokson Tanpa Resep. Apotek di Kanada sekarang (25/3) dapat memberikan naloxone untuk pasien tanpa resep. Kementrian Kesehatan Kanada mengumumkan awal pekan ini bahwa telah merevisi buku panduan penggunaan  obat (Federal Prescription Drug) dimana nalokson bisa dikeluarkan tanpa resep.

“Ini adalah waktu yang tepat dan masuk akal serta efektif yang akan membantu menyelamatkan nyawa,” kata Menteri Kesehatan Kesehatan Kanada Jane Philpott.

“Pemerintah kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan provinsi dan wilayah dibawahnya, untuk mengurangi penyalahgunaan opioid di Kanada.” ujarnya.

Asosiasi Apoteker Kanada menyambut baik langkah itu dari Kementrian Kesehatan Kanada.

“Apoteker memiliki peran penting dalam mengurangi penyalahgunaan opioid,” kata ketua Asosiasi Apoteker Kanada, Carlo Berardi.

“Sebagai profesional yang terpercaya, apoteker berfungsi sebagai sumber informasi yang penting dalam meningkatkan kesadaran mengenai risiko opioid yang membahayakan, serta risiko kecanduan yang melekat dari obat-obat ini. Banyak apoteker di Kanada menyediakan jasa manajemen kecanduan, dan sebagai hasilnya memiliki potensi untuk berinteraksi dengan orang-orang yang paling berisiko mengalami overdosis. ” lanjutnya.

Pengobatan saat ini hanya tersedia dalam bentuk ampul untuk digunakan dengan jarum suntik tanpa resep, meskipun bentuk sediaan yang berbeda bisa tersedia nanti.Kementrian Kesehatan, dalam pernyataannya, mencatat bahwa ia menerima masukan tentang versi yang lebih user-friendly dari nalokson dan menghindari risiko dalam mengelola injeksi.

“Risiko ini diperhitungkan Kementrian Kesehatan, yang menyimpulkan manfaat dari penggunaan nalokson, bahkan dalam bentuk injeksi, akan segera tersedia setelah potensi overdosis diamati melebihi risiko,” kata lembaga itu.

Menurut the College of Pharmacists of British Columbia, mereka berencana mengadakan sesi pelatihan dan pendidikan pada bulan April ini untuk para apoteker dan hingga saat ini sekitar 600 orang telah mendaftar.

Baca :  Uji Coba Apoteker Praktek Umum Kepada Pasien di Australia Berkembang Positif

Di Indonesia sendiri Nalokson hadir dengan merek dagang Nakoba sebagai obat keras yang diperuntukan untuk depresi sebagian atau menyeluruh yang reversibel yang disebabkan oleh opioid, over dosis opiod akut, termasuk depresi pernafasan, yang diinduksi oleh opioid alami maupun sintetik.

Sumber : http://www.drugstorenews.com/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Amazon Launching Layanan Apotek Online Antarkan Obat Resep

Majalah Farmasetika – Raksasa belanja online Amazon telah mengumumkan 2 penawaran apotek, termasuk Amazon Pharmacy …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.