obat antibiotik babi
Obat Antibiotik Babi Bisa Sebabkan Kanker Bagi yang Mengkonsumsinya

Obat Antibiotik Babi Bisa Sebabkan Kanker Bagi yang Mengkonsumsinya

Obat Antibiotik Babi Bisa Sebabkan Kanker Bagi yang Mengkonsumsinya. Food and Drug Adminstration (FDA) berusaha untuk membatalkan persetujuan antibiotik yang digunakan oleh produsen daging babi karena obatnya dapat meninggalkan jejak jumlah residu karsinogenik (8/4).

Antibiotik, Mecadox, digunakan untuk mengobati dan mencegah penyakit pada babi, serta menggemukkan hewan. Diperkirakan 40 persen dari produsen daging babi bergantung pada obat ini, menurut laporan tahun 2012 oleh Departemen Pertanian AS. Dikenal senyawa kimia sebagai carbadox (methyl-3-[quinoxalinyl-methylene]carbazate-N1,N4-dioxide), suatu antibiotik yang telah tersedia sekitar 40 tahun.

FDA ingin membatalkan persetujuannya setelah melakukan penilaian risiko awal yang ditemukan dimana bisa menimbulkan “potensi risiko” untuk manusia yang makan daging babi, terutama hati babi, yang berasal dari babi yang menggunakan obat ini. Hati babi digunakan untuk membuat sosis hati, hot dog, lunchmeat, dan beberapa jenis sosis.

“Para produsen dari carbadox telah gagal untuk menyediakan data ilmiah yang cukup untuk menunjukkan keamanan obat ini, mengingat bukti bahwa carbadox dapat mengakibatkan residu karsinogenik,” kata Michael Taylor, FDA wakil komisaris untuk makanan dan obat-obatan hewan, dalam sebuah pernyataan.

Produsen Mecadox, Phibro Animal Health, sangat kecewa dengan langkah FDA. Perusahaan mencatat FDA mulai menaikkan pertanyaan beberapa tahun yang lalu dan bahwa sejak itu, telah memberikan data yang, sejauh ini, menunjukkan antibiotik tersebut aman bila digunakan sesuai dengan label produk. Phibro menambahkan bahwa studi yang dijadwalkan akan selesai dalam 90 hari.

“Phibro memiliki keyakinan dalam keselamatan Mecadox. Kami kecewa bahwa FDA akan mengambil tindakan ini ketika studi definitif begitu dekat dengan sedang diselesaikan, “kata Phibro dalam sebuah pernyataan. “Di bawah proses FDA, kami berniat untuk meminta sidang pengadilan dan membantah tuduhan tersebut. Phibro akan terus memasarkan produk dan dengan penuh semangat membela Mecadox didasarkan pada lebih dari 40 tahun ilmu pengetahuan dan penggunaan yang aman. ”

Baca :  Peran Alkohol dalam Formulasi Obat di Tengah Pro Kontra Kehalalannya

“Ini adalah langkah cukup langka,” kata Steven Roach dari Food Animal Concerns Trust, an advocacy group. “Menghapus obat ini dari pasokan makanan adalah kemenangan bagi kesehatan masyarakat.”

Saham Phibro turun 2 persen setelah rilisnya berita ini.

Sumber : https://www.statnews.com/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.