UDI

Teknologi Baru Identifikasi Unik Alat Kesehatan yang Bisa Selamatkan Jiwa

Teknologi Baru Identifikasi Unik Alat Kesehatan yang Bisa Selamatkan Jiwa. Kebanyakan orang saat ini akrab dengan barcode yang dapat ditemukan di hampir semua item yang dibeli dari toko ritel. US Food and Drug Administration (US FDA) meluncurkan sistem Unique Device Identification (UDI) bagi alat kesehatannya dan Johnson and Johnson sebagai perusahaan farmasi yang pertama menerapkannya.

Tom Jones, Director End-to-End of Traceability and Unique Device Identification (UDI) Program Director for Johnson & Johnson Supply Chain, memberikan sedikit penjelasan apa itu UDI.

Barcode begitu berharga karena mereka menyediakan cara untuk mengidentifikasi produk elektronik. Dengan barcode kita bisa mendapatkan informasi detil barang dengan cepat, karena mereka memberikan informasi kunci tentang produknya seperti harga dan rincian lainnya hanya dengan menggesek dari scanner.

Ketika digunakan ke perangkat medis, menggunakan barcode unik untuk identifikasi cukup baru. Beberapa tahun yang lalu, Food and Drug Administration (FDA) mengakui potensi risiko dimana tidak bisa secara akurat mengidentifikasi setiap perangkat medis di dunia karena ada puluhan ribu versi dan model yang berbeda di pasar saat ini.

Katakanlah Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki penggantian lutut atau hip. Anda ingin diyakinkan bahwa perangkat rumah sakit memberikan alat yang tepat yang diresepkan untuk prosedur dan ditulis di catatan medis Anda.

Dengan penerapan terbaru dari Unique Device Identification (UDI), Anda dapat menjadi lebih percaya diri bahwa produk Anda yang diterima adalah yang benar.

Bagaimana UDI bisa membantu Membuat Rumah Sakit lebih Aman ?

FDA meluncurkan UDI pada 2013 untuk secara akurat mengidentifikasi perangkat medis yang dijual di Amerika Serikat. Serupa dengan barcode UPC yang Anda lihat pada produk-produk di supermarket, sejumlah UDI sekarang akan ditempatkan pada setiap paket perangkat medis di AS, dan dalam beberapa kasus , perangkat itu sendiri. Dengan cara ini, FDA dapat menyimpan catatan masing-masing dijual, sehingga lebih mudah untuk melacak dalam hal masalah harus muncul yang memerlukan penarikan kembali produk.

Baca :  Sebabkan Darah Tinggi, Amerika Mulai Batasi Asupan Natrium Pada Makanan

Berikut adalah beberapa cara yang UDI menguntungkan Anda sebagai pasien:

  • UDI menyediakan dokter dengan informasi klinis yang penting tentang produk (seperti apa itu dan siapa yang membuatnya), yang dapat mengurangi kesalahan medis
  • UDI membantu untuk mengidentifikasi produk palsu di pasar, dan meningkatkan kemampuan perangkat medis produsen ‘untuk mengidentifikasi dan mengingat produk yang cacat
  • UDI mudah untuk memindai, membuat rumah sakit lebih efisien dalam melacak persediaan, mengurangi kesalahan input manual dan pasien melindungi lebih baik dari penggunaan sengaja perangkat kadaluarsa
  • UDI akan membantu para peneliti lebih menganalisis efektivitas perangkat dari waktu ke waktu, memfasilitasi inovasi perangkat medis

Bagaimana Kami Apakah Memimpin dalam penggunaan UDI?

Johnson & Johnson berada di garis depan untuk memastikan perangkat medis kami mematuhi peraturan UDI. Sementara FDA membutuhkan sesuai dengan standar UDI mereka selama beberapa tahun ke depan, kami menciptakan program rantai pasokan perusahaan difokuskan pada identifikasi produk dan mampu telusur beberapa tahun yang lalu-dan UDI merupakan salah satu program utama kami.

Waralaba perangkat medis kami bekerja dalam kemitraan untuk memenuhi persyaratan FDA. Besarnya upaya ini adalah besar dan dapat tumbuh ketika negara-negara lain menerapkan peraturan UDI-jenis mereka sendiri.

Tom Werthwine, Direktur Standar Industri, mengatakan ia melihat “UDI akan menjadi global” dalam beberapa bulan dan tahun-tahun mendatang saya pikir Mike Rose, Wakil Presiden, Supply Chain Visibility, mengatakan terbaik: “Kami hanya menggaruk permukaan” dalam hal potensial UDI untuk memberikan nilai kepada pasien kami, mitra kami dan bisnis kami. Saya sangat setuju dan terlihat maju terus menjadi bagian dari upaya menarik ini.

Berikut adalah video terkait UDI

Sumber : http://www.blogjnj.com/2016/05/unique-device-identification-the-new-technology-that-could-save-lives/?sf46441496=1

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Untuk Pertama Kalinya, Kecerdasan Buatan Temukan Antibiotik Baru

farmasetika.com – Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengidentifikasi senyawa antibiotik baru menggunakan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.