stem sel
pic : freedigitalphotos.net

9 Fakta Ilmiah yang Jarang Diketahui Tentang Kanker

Majalah Farmasetika (Ed.4/Juni 2016). Bagian Riset dan Pengembangan (R&D) perusahaan farmasi Roche melalui laman resminya memberikan informasi 9 fakta ilmiah yang jarang diketahui tentang kanker.

1. Kata ‘kanker’ berasal dari bahasa Latin untuk ‘kepiting’  Seperti tanda zodiak (cancer)

pic : roche.com

Pada awalnya dokter menjelaskan tumor tertentu yang memiliki pembuluh darah atau ekstensi dari tubuh utama, yang disebut mereka seperti kepiting, atau ‘kanker’.

2. Kanker pertama kali ditemukan oleh orang Mesir kuno

pic : roche.com

Deskripsi awal kanker ditemukan dalam sebuah Edwin Smith Papyrus yang ditulis pada 1600 SM. Dokumen ini menjelaskan tumor payudara diterapi oleh alat yang disebut the fire drill. Namun, ia menyatakan bahwa “tidak ada pengobatan” untuk ini.

3. Ada banyak kasus kanker kulit akibat berjemur dalam ruangan dan kasus kanker paru-paru karena merokok

pic : roche.com

Sebuah penelitian baru menunjukkan ada lebih dari 419.000 kasus kanker kulit baru disebabkan indoor tanning (berjemur dalam ruangan) setiap tahun di Amerika Serikat saja.

4. Lebih dari separuh penyakit kanker dapat dicegah

Para peneliti percaya bahwa lebih dari setengah dari semua kasus kanker dan sampai setengah dari semua kematian akibat kanker dapat dicegah. Ini berarti ada antara 2,4 juta dan 3,7 juta kematian dihindari per tahun, 80% dari yang terjadi di negara dengan berpendapatan rendah dan menengah.

5. Ada lebih dari 200 jenis dan subtipe kanker

pic : roche.com

Kanker bukan merupakan satu penyakit. Dalam 10 tahun terakhir kita telah menyadari bahwa ada lebih dari 200 jenis dan subtipe kanker yang berbeda. Ini telah memicu pergeseran dari satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan dan menuju “terapi yang disesuaikan”.

6. Tikus tipe telanjang mole (Naked mole) kebal terhadap kanker

pic : roche.com

Tubuh mamalia Afrika yang hidup di bawah tanah ini kaya akan zat yang disebut Hyaluronan, yang bertindak sebagai pelumas dalam tubuh dan mampu menghentikan perkembangan kanker. Penemuan ini bisa mengarah pada pengobatan untuk kanker di masa depan.

Baca :  WHO : Diabetes Bisa Menjadi Masalah Global Pada 2030 Jika Tidak Ditangani

7. Ada 28 juta penderita kanker di seluruh dunia

Faktanya kanker tidak selalu berujung kematian terutama dengan kemajuan yang dicapai dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun kejadian kanker meningkat, di banyak negara lebih banyak orang yang hidup kanker dibandingkan sebelumnya.

8. Hanya 5-10% dari semua kanker berasal secara turun-temurun (genetik)

Sebagian besar kanker berkembang melalui kombinasi faktor keturunan dan lingkungan, termasuk merokok, alkohol, obesitas dan diet.

9. Kanker payudara lebih sering terjadi pada payudara kiri daripada kanan

pic : roche.com

Payudara kiri memiliki kemungkinan 5 – 10% dapat terjadi untuk mengembangkan kanker daripada payudara kanan. Sisi kiri tubuh juga 10% lebih rentan terhadap melanoma (jenis kanker kulit). Tidak ada yang tahu pasti mengapa hal ini terjadi.

Sumber : http://www.roche.com/research_and_development/what_we_are_working_on/oncology/9_things_cancer.htm

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.