Home / Regulasi / BPOM : Tramadol Sebabkan Risiko Depresi Pernapasan Pada Anak
safety alert

BPOM : Tramadol Sebabkan Risiko Depresi Pernapasan Pada Anak

Majalah Farmasetika (V1N5-Juli 2016). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 30 Juni 2016 mengeluarkan “Safety Alert” untuk produk yang mengandung tramadol pada anak karena telah ditemukan kasus internasional yang menyebabkan risiko depresi pernapasan.

US FDA (US Food and Drug Administration) dan Health Canada menyampaikan informasi keamanan terkait adanya laporan kasus internasional berupa depresi pernafasan pada metabolise ultrapid CYP2D6 setelah penggunaan tramadol yang dipublikasikan pada Pediatric Journal tanggal 2 Februari 2015.

Hingga saat ini baik US FDA maupun Health Canada sedang mengevaluasi semua informasi yang tersedia dan akan menyampaikan kesimpulan akhir dan rekomendasi kepada publik jika evaluasi telah selesai.

Dalam rangka kehati-hatian, BPOM mengeluarkan “Safety Alert” berupa “Informasi untuk dokter” agar menjadi perhatian profesional kesehatan dalam penggunaan obat tersebut.

Peringatan secara lengkap dapat dilihat di dokumen berikut ini.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  BPOM Liris 12 Daftar Nama Produk Mengandung Babi

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA Peringatkan Obat Pelangsing Lorcaserin Berisiko Kanker

farmasetika.com – Food and Drug Administration telah mengeluarkan Safety Alert (14/1/2020) mengenai lorcaserin obat pelangsing …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar