astra zeneca

AstraZeneca Umumkan Hasil Positif Uji Klinik Tagrisso Untuk Kanker Paru-paru

Majalah Farmasetika (V1N5-Juli 2016). Perusahaan farmasi AstraZeneca telah mempresentasikan hasil terbaru dari Uji Klinik Tahap III yang mengevaluasi Tagrisso (osimertinib) sebagai pengobatan lini kedua untuk pasien dengan jenis tertentu non-small cell lung cancer/NSCLC yang menunjukkan keunggulan perkembangan kelangsungan hidup bebas dibandingkan dengan standar kemoterapi doublet berbasis platinum.

Dalam uji klinik yang diberi nama AURA3, lebih dari 400 pasien dengan EGFR T790m mutasi positif, lokal-lanjut atau metastasis NSCLC, yang penyakitnya telah berkembang mengikuti pilihan pertama terapi inhibitor EGFR tirosin kinase, diberikan terapi Tagrisso.

Obat ini dibuat tersedia secepat mungkin untuk pasien di Inggris melalui jalur khusus “Early Access“, sebelum menerima persetujuan penuh dari Komisi Eropa. Hingga saat ini, telah disetujui di Uni Eropa, AS dan Jepang, antara lain, sebagai pengobatan pertama untuk pasien dengan EGFR T790M mutasi-positif NSCLC stadium lanjut.

Selain memenuhi titik akhir primer perkembangan kelangsungan hidup bebas, tingkat respons objektif, tingkat pengendalian penyakit dan durasi respon juga mencapai tingkat klinis yang berarti dalam pengujian tahap akhir ini.

Sean Bohen, kepala medis di AstraZeneca, mengatakan: “Hasil ini mengkonfirmasi Tagrisso sebagai alternatif berarti yang bermanfaat bagi pasien kanker EGFR T790M paru-paru. Hasil AURA3 menunjukkan manfaat dari pendekatan ilmu-dipimpin kami yang memungkinkan pesatnya perkembangan Tagrisso sebagai pengobatan yang ditargetkan untuk mengatasi penyebab paling umum dari resistensi terhadap generasi pertama EGFR-TKI untuk pasien dengan kanker paru-paru EGFR-mutan metastasis. ”

AstraZeneca akan terus menggali apa yang disebutnya “potensi penuh” dari Tagrisso baik sebagai monoterapi dan dalam kombinasi untuk indikasi kanker paru-paru lainnya. Hal ini juga menguji Tagrisso pada pasien NSCLC dengan atau tanpa metastasis otak, dan juga telah mempresentasikan data awal yang menggembirakan dalam kelompok kecil pasien dengan penyakit leptomeningeal, komplikasi yang jarang tetapi merupakan terminal penting yang berhubungan dengan kanker.

Baca :  Ontruzant, Produk Biosimilar dari Obat Kanker Herceptin (trastuzumab)

Tentang NSCLC

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker di kalangan pria dan wanita, terhitung sekitar sepertiga dari semua kematian akibat kanker dan lebih dari payudara, prostat dan kanker kolorektal gabungan. Pasien yang memiliki bentuk EGFRm dari NSCLC, yang terjadi pada 10-15% dari pasien NSCLC di AS dan Eropa dan 30-40% dari pasien NSCLC di Asia, yang sangat sensitif terhadap pengobatan dengan saat-tersedia EGFR-TKI, yang blok sel jalur sinyal yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Namun, tumor hampir selalu mengembangkan resistensi terhadap pengobatan, yang mengarah ke perkembangan penyakit. Dalam sekitar dua-pertiga dari pasien yang diobati dengan disetujui EGFR-TKI seperti gefitinib dan erlotinib, resistensi ini disebabkan oleh mutasi sekunder, T790M.

Tentang Tagrisso

Tagrisso (osimertinib, AZD9291) 80 mg tablet sekali sehari adalah obat pertama diindikasikan untuk pengobatan pasien dewasa dengan NSCLC lokal lanjut atau metastasis EGFR T790M mutasi-positif. Tagrisso adalah sebagai inhibitor EGFR ireversibel, lahir dari eksplorasi ilmiah dan rekayasa untuk memerangi mekanisme resistensi dengan menargetkan mutasi resistensi T790M.

Tagrisso juga sedang diselidiki dalam adjuvant dan pengaturan lini pertama metastatik, termasuk pada pasien dengan dan tanpa metastase otak, penyakit leptomeningeal, dan dalam kombinasi dengan perawatan lain.

Sumber : https://www.astrazeneca.com/media-centre/press-releases/2016/Tagrisso-met-primary-endpoint-in-phase-III-2nd-line-lung-cancer-trial-18072016.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Vaksin COVID-19 Pfizer Mulai Uji Klinis Pada Anak dan Ibu Hamil

Majalah Farmasetika – Pfizer dan BioNTech mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah mulai menguji …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.