Unpad Buka Program Doktor Ilmu Farmasi “by Research” dengan Syarat Publikasi Internasional

farmasetika.com – Pilihan untuk para ahli farmasi yang telah mengenyam gelar master untuk melanjutkan studi ke jenjang Doktor kini bertambah. Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran (FFUnpad) kembali membuka Program Doktor Ilmu Farmasi untuk angkatan kedua, dimana angkatan pertama telah menerima mahasiswa sebanyak 11 orang.

Dikutip dari laman resminya, FFUnpad terus berusaha mengikuti perkembangan penelitian terbaru terkait Ilmu Farmasi. Oleh karenanya, Program Doktor Ilmu Farmasi di FFUnpad diselenggarakan dengan sistem “by research” dengan persyaratan utama publikasi di Jurnal Internasional bereputasi untuk melaksanakan sidang doktoralnya.

“Mulai tahun 2016 ini seluruh program studi doktoral di Unpad menggunakan sistem by research, sehingga diharapkan ketika menyelesaikan program doktornya mahasiswa telah berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi penelitiannya pada Jurnal Internasional bereputasi” Ungkap Prof. Dr. Adjeng Diantini, Dekan FFUnpad.

“Semester pertama mahasiswa akan ikut perkuliahan, setelah itu mahasiswa akan langsung melakukan penelitiannya, dan jika mahasiswa telah mempublikasikan penelitiannya di Jurnal Internasional bereputasi, maka berhak untuk mengajukkan sidang doktor tertutupnya” tutupnya.

Untuk diterima menjadi mahasiswa Doktor Ilmu Farmasi harus mengikuti seleksi calon mahasiswa Program Doktor yang dilakukan melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Pendaftaran sendiri telah dibuka secara online melalui situs smup.unpad.ac.id, pendaftaran secara online akan ditutup pada 25 November 2016.

Berikut persyaratan dan tahapan awal yang harus dilalui :

  1. Seleksi Administratif terdiri dari :
    1. Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti.
    2. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm (di upload pada saat mendaftar online).
    3. Memiliki ijazah S2, dengan IPK minimal 3,00.
    4. Memiliki sertifikatTes Kemampuan Belajar Advanced (TKBA) dari BPIP Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
    5. Memiliki sertifikatTes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang dikeluarkan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran atau sertifikat ELT Pusat Bahasa FIB Unpad, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS.
  2. Pendaftaran dan pengisian form online dapat dilakukan setelah peserta memperoleh nilai TKBA, TKBI, Letter of Acceptance (LoA) dari Calon Promotor dan telah melakukan pembayaran Biaya Seleksi.
Baca :  Profesi Apoteker dan Tenaga Farmasi Masuk 20 Pekerjaan Kebal Resesi Ekonomi

Sumber :

  1. http://farmasi.unpad.ac.id/pendaftaran-program-doktor-ilmu-farmasi-by-research-ditutup-pada-25-november-2016/
  2. http://smup.unpad.ac.id/persyaratan-s3/
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketibaan vaksin AstraZeneca di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (08/03/2021) sore. (Foto: Biro Pers Setpres/Rusman)

Kadaluarsa 31 Mei, Kemenkes Imbau Segera Gunakan Vaksin AstraZeneca

Majalah Farmasetika – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.