bpom

BPOM Rilis “Safety Alert” Untuk Piperacillin Tunggal dan Kombinasi Tazobactam Terkait DRESS

farmasetika.com – Badan Pengawas Obat Makanan (Badan POM) mengeluarkan “safety alert” atau peringatan keamanan produk obat Piperacillin tunggal atau kombinasi dengan Tazobactam berupa potensi risiko Drug Reaction with Eosinophilia and systernic Symptoms (DRESS) kemarin (23/11/2016).

Apa itu piperacillin?

Piperacillin merupakan antibiotik yang dapat digunakan tunggal ataupun dalam kombinasi dengan produk yang meningkatkan aktifitas (tazobactam). Kedua produk diberikan melalui pembuluh. darah (intravena) atau otot (intramusedar) dan digunakan untuk pengobatan berbagai tipe infeksi.

Apa itu Drug Reaction with Easinophiha and Systemic Symploms (DRESS)?

DRESS disebabkan oleh paparan obat-obatan tertentu yang dapat mengakibatkan ruam, demam, peradangan organ internal, limfadenopati, dan kelainan hematologi karakteristik seperti eosinofilia, trombositopenia, dan limfositosis atipikal. Sindrom ini memiliki prosentase resiko kematian sekitar 10%.

Isi safety alert

Dalam rangka meningkatkan kehati-hatian dan melindungi masyarakat dari risiko efek samping obat Piperacilin (tunggal dan kombinast dengan Tazobactam), Badan POM menyampaikan lnformasi Untuk Profesional Kesehatan dalam penggunaan obat piperacillin pada pasien.

Pada 24 Februan 2016, Health-Canada melakukan kajian keamanan untuk mengevaluasi potensi hubungan antara obat antibtotik kombinast piperacillin dan tazobactam atau piperactilin tunggal dengan Drug Reactio with Easinophiha and Systemic Symploms (DRESS).

Health Canada mengidentifikasi 17 kasus DRESS berhubungan dengan kombinasi obat dan tazobadain. Satu kasus menyebabkan kematian, walaupun peran langsung kombinati obat dan tazobactam tidak dapat ditetapkan, karena masalah kondisi penyakit pasten yang sudah ada.

Pada 10 kasus, pasien sembuh setelah menghentikan terapi kombinasi dengan atau tanpa laporan pengobatan tambahan, sedangkan 6 kasus lainnya bdak dapat dinilai lebih lanjut karena informasi pada laporan tidak lengkap. Berdasarkan hal tersbut, Health Canada memperbaharui informasi produk untuk obat kombinasi piperacillin dan tazobactain dangan peringatan risiko DRESS dan memasukkan potensi efek samping DRESS untuk piperacillin unggal.

Baca :  4 Dari 6 Posisi Pejabat Eselon 1 Badan POM Diisi Apoteker

Selengkapnya

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

UU Praktik Kefarmasian Pertegas Cakupan Layanan Praktik Apoteker di Masyarakat

Majalah Farmasetika – Cakupan peran praktik kefarmasian mencakup aspek yang sangat luas dan unik karena …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.