alergi
pic : freedigitalpictures.net (ilustrasi)

Obat Alergi Levocetirizine yang Bekerja Selama 24 Jam Disetujui FDA sebagai OTC

farmasetika – AS Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui Xyzal Allergy 24HR (levocetirizine dihydrochloride) sebagai obat over-the-counter (OTC) di Amerika untuk pengobatan menghilangkan gejala yang berhubungan dengan alergi musiman dan sepanjang tahun.

Di Indonesia sendiri saat ini telah hadir obat generik levocetirizine dihydrochloride produksi Pratapa Nirmala. Selain itu, Xyzal yang diproduksi oleh UCB PHARMA SPA – Switzerland telah digunakan di Indonesia sebagai obat resep. Xyzal 5 mg levocetirizine dihydrochloride tablet salut diindikasikan untuk alergi pada usia 6 tahun dan lebih tua.

Apa itu levocetirizine dihydrochloride?

Levocetirizine (levocetirizine dihidroklorida) adalah generasi ketiga antihistamin non-sedatif, dikembangkan dari generasi kedua antihistamin cetirizine. Secara kimia, levocetirizine adalah enantiomer aktif cetirizine yang merupakan R-enansiomer rasemat cetirizine.

Levocetirizine merupakan agonis terbalik yang menurunkan aktivitas pada reseptor histamin H1. Hal ini pada gilirannya mencegah pelepasan bahan kimia penyebab alergi lainnya dan meningkatkan suplai darah ke daerah tersebut, dan meredakan gejala khas demam. Obat ini tidak mencegah rilis yang sebenarnya dari histamin dari sel mast.

Produsen mengklaim obat ini lebih efektif dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat generasi kedua; Namun, tidak ada penelitian yang diterbitkan mendukung pernyataan ini. Produsen UCB menyimpulkan mungkin lebih efektif daripada beberapa antihistamin kedua dan generasi ketiga lainnya, tapi tidak membandingkannya dengan cetirizine.

FDA menyetujui Xyzal Allergy 24 HR

“Persetujuan FDA untuk Xyzal sebagai OTC karena kami berhasil menciptakan tablet pelepasan diperlambat, dan menambahkan opsi untuk portofolio kami yang ada sebagai obat alergi OTC,”Robert Long, Head of North America Consumer Healthcare, Sanofi.

Xyzal Allergy 24HR menawarkan bantuan 24-jam terhadap gejala pilek, bersin, mata berair gatal dan gatal dari hidung atau tenggorokan, dengan dosis harian tunggal.

Baca :  Injeksi Cetirizine Kini Bisa Untuk Urtikaria Akut

“Kami berharap untuk membuatnya tersedia untuk penderita alergi di seluruh dunia, sebagai produk terbaru dalam bisnis kesehatan konsumen kami yang terus berkembang.” lanjutnya.

Portofolio alergi yang dimiliki Sanofi Consumer Healthcare termasuk Allegra, yang disetujui untuk digunakan sebagai OTC di Amerika Serikat sejak 2011 dan Nasacort Alergy 24HR, yang disetujui untuk OTC sejak tahun 2013. Perusahaan memberikan informasi bahwa Xyzal akan tersedia pada musim semi 2017 di Amerika Serikat.

Sumber :

  1. SANOFI’S XYZAL® ALLERGY 24HR APPROVED FOR OVER-THE-COUNTER USE IN THE UNITED STATES. http://www.news.sanofi.us/2017-02-01-Sanofis-Xyzal-R-Allergy-24HR-Approved-for-Over-the-Counter-Use-in-the-United-States (diakses 3 Februari 2017)
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Levocetirizine (diakses 3 Februari 2017)
  3. Xyzal Now Approved for OTC Use. http://www.pharmacytimes.com/product-news/xyzal-now-approved-for-otc-use. (diakses 3 Februari 2017)
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pemazyre (Pemigatinib), Terapi Baru Kanker Saluran Empedu

Majalah Farmasetika – FDA memberikan persetujuan dipercepat untuk obat Pemigatinib pada tanggal 17 April 2020, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.