pharmacist survei

Survei Buktikan Apoteker Berperan Penting dalam Pelayanan Kesehatan

farmasetika.com – Menurut sebuah survei nasional baru-baru ini di Kanada yang dilakukan oleh lembaga survei Abacus Data dalam rangka peringatan bulan kesadaran apoteker (Pharmacist Awareness Month) pada bulan Maret 2017.

92% dari warga Kanada percaya bahwa apoteker memainkan peranan penting atau bagian penting dalam sistem-perawatan kesehatan. Hasil ini meningkat tiga persen dibandingkan dengan survei serupa yang dilakukan tahun lalu.

“Sementara apoteker terus memiliki salah satu reputasi profesional terkuat di Kanada, kita melihat meningkatnya tingkat kesadaran dan kepercayaan seputar layanan yang kita perluas saat ini,” kata Alistair Bursey, Ketua Asosiasi Apoteker Kanada (Canadian Pharmacists Association).

“Ini membuktikan bahwa apoteker bertindak profesional, perawatan yang berkualitas tinggi yang terus diberikan di seluruh negeri.” lanjutnya.

Warga Kanada semakin menyadari dan mendukung apoteker yang berperan penting dalam sistem perawatan kesehatan di Kanada. Dari mulai vaksinasi suntikan flu hingga nasihat tentang obat, pengelolaan kondisi kesehatan kronis dan penyakit umum.

Asosiasi Apoteker Kanada merangkul dan memperluas layanan farmasi serta mengenalkan layanan apoteker kepada masyarakat.

Temuan penting lainnya:

  1. 94% dari warga Kanada memiliki kesan positif terhadap apoteker, lebih dari dokter, guru, pejabat militer, atau polisi.
  2. Warga Kanada umumnya percaya bahwa apoteker dapat memberikan saran terkait obat-obatan (96%), manajemen penyakit umum (94%), perubahan gaya hidup sehat (91%), dan vaksinasi (88%) – tingkat kepercayaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun sejak survei dimulai pada 2015.
  3. Warga Kanada mengakui keuntungan dari lingkup praktek apoteker yang diperluas apoteker. 82% mengatakan memungkinkan apoteker untuk berbuat lebih banyak untuk pasien dan akan lebih baik meningkatkan hasil kesehatan serta mengurangi biaya perawatan kesehatan.
  4. Warga Kanada umumnya terbuka untuk mengunjungi apotek mereka untuk pelayanan kesehatan di luar penebusan resep.9 di 10 warga Kanada cenderung untuk mengunjungi seorang apoteker untuk saran pada obat-obatan yang mereka konsumsi, 80% kemungkinan untuk mengunjungi seorang apoteker untuk pengelolaan penyakit umum seperti flu atau pilek, dan 70% mengatakan mereka cenderung untuk mengunjungi seorang apoteker untuk mendapatkan suntikan vaksinasi flu.
  5. Apoteker Kanada semakin menjadi sumber informasi terpercaya dan pelayanan kesehatan. Sementara peran mereka telah berkembang pesat selama dekade terakhir, apoteker siap untuk berbuat lebih banyak lagi dalam sistem perawatan kesehatan di Kanada.
  6. Warga Kanada tahu bahwa ketika apoteker memiliki wewenang untuk memberikan pelayanan kesehatan itu mengarah pada perawatan yang lebih baik, kesehatan yang lebih baik dan nilai yang lebih baik untuk biaya perawatan kesehatannya.
Baca :  70% Pasien di Inggris Merasa Tidak Perlu Ke Dokter Setelah Bertemu dengan Apoteker

Survei pada persepsi dan sikap terhadap apoteker dilakukan secara online dengan sampel yang representatif dari 4.173 orang warga Kanada dewasa. Survei ini dilakukan dari 10-16 Februari 2017 oleh Abacus Data.

Sumber :

More and more Canadians say pharmacists play essential role in Canada’s health care system. http://www.pharmacists.ca/news-events/news/more-and-more-canadians-say-pharmacists-play-essential-role-in-canada-s-health-care-system/ (diakses 7 Maret 2017)

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.