herceptin - Penelusuran Google 2017-06-14 19-29-14

Informasi Keamanan Obat Kanker Herceptin Terkait Pemantauan Fungsi Jantung

farmasetika.com – PT. Roche Indonesia dengan kesepakatan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) RI mengeluarkan Safety Communication hari ini (14/06/2017) terkait pentingnya informasi yang tercantum dalam informasi produk Herceptin (trastuzumab) mengenai pemantauan fungsi jantung.

HERCEPTIN (Trastuzumab) diindikasikan untuk pengobatan kanker payudara positif HER2 dan kanker lambung metastatik HER2-positif. PT. Roche dan Badan POM mengingatkan kembali pentingnya panduan pemantauan jantung selama terapi dengan trastuzumab untuk mengurangi kejadian dan tingkat keparahan left ventricular dysfunction serta gagal jantung kongestif/congestive heart failure (CHF) Sebagai salah satu bentuk Risk Management Plan (RMP) yang merupakan kewajiban dari industri farmasi, PT Roche Indonesia ingin menekankan pentingnya informasi yang tercantum dalam Informasi Produk Herceptin (Trastuzumab) mengenai pemantauan fungsi jantung.

Walaupun tidak ada tanda – tanda adanya risiko baru terhadap keamanan jantung dalam terapi Trastuzumab, hasil survei di negara – negara Eropa menunjukkan bahwa kepatuhan terhadap rekomendasi pemantauan jantung dapat menurunkan kejadian dan tingkat keparahan left ventricular dysfunction dan gagal jantung kongestif (CHF) pada pasien yang menerima terapi Trastuzumab.

Pada sebagian pasien, risiko pada jantung yang muncul saat terapi dengan Trastuzumab bersifat reversibel setelah pengobatan dengan Trastuzumab dihentikan, sehingga hal ini menekankan pentingnya pemantauan fungsi LVEF pada pasien selama dan setelah pemberian terapi Trastuzumab. Informasi keamanan yang lebih lengkap dapat dilihat pada DHPC Herceptin yang telah disetujui Badan POM

Selengkapnya :

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Uji Materi PMK No 3/2020 Dimulai, Perjuangkan Layanan Farmasi Klinis dan Keselamatan Pasien

Majalah Farmasetika – Pada hari Jum’at (10/7/2020), Farmasis Indonesia Bersatu (FIB) bersama para apoteker dan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.