bakteri

Delafloxacin, Antibiotik Baru untuk Infeksi Kulit yang Disebabkan Bakteri Resisten

Farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui delafloxacin (Baxdela, Melinta Therapeutics) kemarin (19 Juni 2017), fluoroquinolone yang dirancang untuk mengobati orang dewasa dengan infeksi kulit dan kulit akut (acute bacterial skin and skin structure infections/ABSSSI) yang disebabkan oleh bakteri yang resisten.

Persetujuan Baxdela New Drug Application (NDA) didukung oleh 2 studi fase 3 pada pasien dengan ABSSSI dimana menunjukkan bahwa monoterapi Baxdela IV dan oral secara statistik tidak kalah dengan kombinasi vankomisin plus aztreonam pada titik akhir primer FDA dari respons klinis dini pada 48-72 jam.

Baxdela dapat ditoleransi dengan baik dengan tingkat penghentian 0,9% pada studi fase 3 karena efek sampingnya. Selain itu, Baxdela belum menunjukkan potensi untuk perpanjangan QT atau fototoksisitas dalam studi klinis definitif.

Tidak ada sinyal efek buruk pada fungsi hati, fungsi ginjal, atau regulasi glukosa dalam penelitian klinis terkontrol.

Menurut pernyataan dari Melinta, tablet 450 mg itu bioekuivalen (area di bawah kurva), dan dapat dipertukarkan dengan dosis 300 mg IV, serta dapat diberikan tanpa memperhatikan makanan.

“Resistensi antibiotik menjadi perhatian yang terus berkembang, dan dokter membutuhkan lebih banyak alat untuk memerangi ancaman terhadap pengobatan modern ini. Persetujuan terapi baru seperti Baxdela, yang efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten methicillin (MRSA) dan patogen serius lainnya, memberi pilihan lain kepada dokter untuk mengatasi tantangan pasien ABSSSI,” Ujar Dr. David Hooper, profesor kedokteran, Harvard University, dan Kepala Pengendalian Infeksi, kepala asosiasi Divisi Penyakit Infeksi, Massachusetts General Hospital.

Sumber : Melinta Therapeutics anounces US FDA Approval of Baxdela for acute bacterial skin and skin structure infections. NEW HAVEN, Conn. Melinta website. Diakaes 19 Juni, 2017. 

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Terapi Antibiotik Baru Untuk Resistensi Tuberkulosis Paru disetujui FDA

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA Perluas Penggunaan Darurat Remdesivir untuk Pasien COVID-19 Dirawat di Rumah Sakit

Majalah Farmasetika – Perusahaan Gilead Inc mengatakan pada hari Jumat (28/8/2020) bahwa Badan Pengawas Obat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.