Tema Hari Apoteker Sedunia 2017 “Apoteker Siap Melayani dari Penelitian Hingga Perawatan Kesehatan”

farmasetika.com – Dewan FIP (International Pharmaceutical Federation) beberapa tahun yang lalu di Kongres FIP di Istanbul telah menetapkan 25 September sebagai Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacist Day). FIP mendorong apoteker di seluruh dunia untuk menggunakan tanggal 25 September untuk mengatur kegiatan yang mempromosikan dan menganjurkan peran apoteker dalam meningkatkan kesehatan di setiap penjuru dunia.

“Dari penelitian hingga perawatan kesehatan: apoteker Anda siap melayani Anda” adalah tema Hari Apoteker Dunia tahun 2017.

“Tema ini dipilih untuk mencerminkan kontribusi yang banyak dari profesi farmasi terhadap kesehatan. Dari penelitian dan pengembangan obat-obatan, untuk mendidik apoteker dan ilmuwan farmasi masa depan, dan memberikan perawatan langsung, kami melakukan semua ini untuk melayani pasien dan masyarakat kita, “kata Presiden FIP Dr. Carmen Peña dikutip dari laman resminya.

“Kami ingin menekankan bahwa apoteker adalah tulang punggung perawatan kesehatan di berbagai fasilitas. Memberikan perawatan yang dimulai di apotek masyarakat atau rumah sakit. Menjaga pasien mulai dengan mengenali masalah kesehatan populasi dan mengembangkan obat-obatan, kebijakan dan pendidikan untuk mengatasinya. Kami apoteker sering ada di awal proses ketika molekul pertama yang secara efektif mengobati penyakit yang teridentifikasi, “Dr. Peña menambahkan.

Hari Apoteker Sedunia digunakan oleh anggota FIP dan yang lainnya di seluruh dunia untuk menyoroti nilai profesi apotek dan dampaknya pada peningkatan kesehatan bagi pihak berwenang, profesi dan media lainnya, dan juga masyarakat umum.

FIP telah membuat bahan untuk kampanye tahun ini di enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa: Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia dan Spanyol. Ini termasuk animasi dan materi lainnya untuk media cetak dan media sosial.

Berikut contoh versi bahasa inggris :

apoteker sedunia 2017

Sementara itu, di Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia mengangkat tema “Perangi Obat Ilegal” dalam memperingati Hari Apoteker Sedunia tahun ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilkoordinasikan bersama institusi kesehatan pemerintah.

Sumber : World Pharmacists Day. http://www.fip.org/worldpharmacistsday

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Konsumsi Obat Asam Lambung PPI Tingkatkan Resiko Tertular COVID-19

Majalah Farmasetika – Obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPI) seperti lansoprazole, omeprazole, dan esomeprazole yang …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.