asapin

ASAPIN Bantu Apotek di Indonesia Menjadi Mitra Program BPJS

farmasetika.com – Sesuai Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2017, Presiden memerintahkan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan jumlah kerja sama dengan apotek yang memenuhi syarat untuk menjamin ketersediaan obat program Rujuk Balik dengan kriteria dan proses penunjukan kerja sama yang transparan sesuai kebutuhan dan kondisi geografis.

Sebagai Asosiasi Apotek yang resmi ditunjuk pemerintah untuk bekerjasama dengan BPJS, Asosiasi Apotek Indonesia (ASAPIN) sedang mendata seluruh anggota yang akan dipetakan sebagai mitra BPJS.

Menurut Ketua ASAPIN, Drs. Saleh Rustandi, MM. Apt., BPJS dan Kemenkes akan melakukan akreditasi apotek yang akan bermitra. Undang-Undang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menyatakan bahwa kerjasama fasilitas kesehatan (faskes) dengan BPJS melalui asosiasi resmi faskes, yakni ASAPIN. Selain itu, data apotek di BPJS saat ini kurang transparan berdasarkan temuan KPK.

“ASAPIN tidak memungut biaya apapun, bahkan kami akan membimbing apotek untuk melakukan self assesment sebelum di akreditasi” jelas Saleh Rustandi khusus kepada farmasetika.com (22/1/2018).

“Yang pasti apotek tidak ada kerugian apa-apa untuk jadi anggota ASAPIN, dan kita akan kirim kan ke BPJS bertahap, sampai sekarang sudah terdaftar hampir 250 apotek dari seluruh indonesia” lanjutnya.

Untuk mendaftar menjadi anggota ASAPIN, caranya mudah dengan mengisi data melalui link berikut ini http://bit.ly/daftarasapin.

Tanya jawab dan diskusi tentang Asosiasi Apotek Indonesia bisa di Grup Telegram ASAPIN.
Grup ASAPIN di Telegram t.me/asapin_official.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Utang JKN Rp 6 Triliun, Picu Kekosongan Obat dan Kebangkrutan Distributor Farmasi

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kemenkes : Virus Corona Varian Baru dari India Sudah Sampai Indonesia

Majalah Farmasetika – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tegaskan virus Corona varian jenis baru sudah masuk ke …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.