Apoteker Ada Untuk Lombok

Farmasetika.com – Gempa Lombok menyisahkan duka dan trauma, terjadi secara berturut-berturut dalam sepekan. Begitu banyak masyarakat yang takut untuk kembali ke rumah, pilihan untuk mendirikan tenda pun menjadi hal utama dalam situasi yang belum kondusif seperti kehidupan sedia kala. Lambat tapi pasti, kondisi kesehatan masyarakat pun mulai terganggu, masyarakat membutuhkan pengobatan dalam situasi sedang mengalami bencana.

Apoteker yang menjadi bagian dari tenaga kesehatan hadir untuk warga Lombok. Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Nusa Tenggara Barat bekerja sama denga PD IAI diseluruh Indonesia berkomitmen memastikan pelayanan kefarmasian dan ketersediaan obat tetap berlangsung dan tersedia untuk korban bencana.

“Terimakasih kepada sejawat di seluruh indonesia yang telah membantu meringankan beban saudara saudara kami di Lombok yang terdampak gempa baik berupa doa, tenaga, pikiran dan sejumlah uang serta kebutuhan logistik lainnya, pemulihan pasca gempa diperkirakan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, utk itu kami sangat berharap bantuan dan dukungan kepada kami masih terus berlanjut.” Ujar Ketua PD IAI NTB, Arief Suryawirawan, MPH., Apt. kepada redaksi farmasetika.com.

Penambahan personel Apoteker atau disebut Relawan Apoteker yang berasal dari luar daerah pun secara bergantian datang ke Lombok untuk memastikan kegiatan tersebut berlangsung dengan jangka panjang.

Posko Relawan Apoteker berpusat di Jalan Adi Sucipto, Ampenan, Mataram. Posko tersebut menjadi pusat koordinasi dan logistik bantuan dari Apoteker seluruh Indonesia.

Pemilihan titik-titik posko penambahan personel Apoteker dan penyaluran bantuan baik berupa Obat dan non Obat berlangsung di Posko tersebut.

“Ini menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi kami dan juga IAI secara umum agar tata kelola dan pedoman pelaksanaan pasca bencana bisa didiskusikan secara nasioanal dan menjadi pedoman bagi seluruh relawan apoteker agar kita tahu dimana peran kita yang sesungguhnya, ini sangat baik bagi branding apoteker ke depannya.” Lanjutnya.

“Kehadiran kita di posko posko bencana sangat diharapkan oleh sejawat kesehatan lain guna bahu membahu untuk penyelamatan korban” tutupnya.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Menkes : 10 Juta Vaksin COVID-19 Telah Disuntikan, Terbesar ke-4 Di Dunia

Majalah Farmasetika – Sudah lebih dari 2 bulan vaksinasi COVID-19 secara nasional berjalan, per tanggal …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.