Home / R & D / Uji Klinik / Vaksin Klamidia Pertama di Dunia Lolos Uji Klinik

Vaksin Klamidia Pertama di Dunia Lolos Uji Klinik

Farmasetika.com – CTH522, vaksin klamidia eksperimental dan yang pertama di dunia dari jenisnya yang pernah mencapai uji klinis Fase I telah terbukti aman dan mampu memicu respons kekebalan, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases.

Percobaan pada 35 perempuan secara acak yang ditugaskan untuk konsumsi obat atau plasebo, melaporkan tidak ada efek samping serius yang terkait dan efek samping yang paling sering terjadi adalah reaksi situs injeksi lokal ringan, yang dilaporkan di semua peserta dalam dua kelompok vaksin dan di tiga (60%) dari lima peserta dalam kelompok plasebo.

Vaksinasi intranasal ini juga tidak dikaitkan dengan frekuensi yang lebih tinggi dari reaksi lokal terkait, yang berarti hasil keamanan positif menunjukkan bahwa pengobatan eksperimental dapat menjadi kandidat awal yang menjanjikan untuk vaksin klamidia.

Peter Andersen dari Statens Serum Institute di Copenhagen, Denmark, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Mengingat dampak epidemi klamidia pada kesehatan wanita, kesehatan reproduksi, kesehatan bayi melalui transmisi vertikal, dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit menular seksual lainnya, medis global yang belum terpenuhi perlu ada vaksin untuk melawan klamidia genital. ”

Klamidia atau chlamydia adalah infeksi menular seksual  yang disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Penyakit ini bisa menyerang baik pria maupun wanita melalui kontak seksual.

Klamidia dapat menginfeksi serviks (leher rahim), anus, saluran kencing, mata, dan tenggorokan. Penyakit ini termasuk yang tidak begitu sulit diobati jika langsung ditangani di masa-masa awal kemunculannya. Namun, jika dibiarkan chlamydia bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Pasalnya, penyakit kelamin ini bisa menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada sistem reproduksi wanita. Akibatnya, wanita yang terserang chlamydia berisiko sulit hamil.

Baca :  Bio Farma Ekspor Perdana Vaksin Polio Baru ke Afrika

Sumber :

Novel chlamydia vaccine proves safe in early trial http://www.pharmatimes.com/news/novel_chlamydia_vaccine_proves_safe_in_early_trial_1297323

Klamidia (Chlamydia) https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/penyakit/klamidia-chlamydia/amp/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

5 Hasil Uji Klinik Terkait Hipertensi yang Wajib Diketahui

Farmasetika.com – Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar