Home / Regulasi / Obat Anti Migran ditarik Dari Peredaran Karena Kontaminasi Bakteri

Berlanjut Ke Uji Klinik 2, Lasmiditan Potensial Untuk Obat Migrain Terefektif
pic : freedigitalphotos.net

Obat Anti Migran ditarik Dari Peredaran Karena Kontaminasi Bakteri

Farmasetika.com – Pfizer secara sukarela dua tablet eletriptan hidrobromida (Relpax) 40 mg karena potensi kontaminasi dengan Pseudomonas dan Burkholderiabacteria di pasaran Amerika Serikat.

Obat ini diindikasikan untuk perawatan akut migrain dengan atau tanpa aura pada orang dewasa.

Pasien yang mengkonsumsi produk oral yang terkontaminasi mikroorganisme berisiko penyebaran bakteri dari usus ke aliran darah, yang dapat mengakibatkan infeksi serius yang mengancam jiwa, perusahaan memperingatkan. Ada juga risiko gangguan pencernaan sementara tanpa infeksi serius.

“Untuk populasi umum, risiko ini rendah; untuk populasi pasien rentan tertentu (seperti pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, fibrosis kistik, dan penyakit granulomatosa kronis) mungkin ada potensi untuk efek samping yang serius termasuk infeksi yang mengancam jiwa,” dalam rilis perusahaan.

Sampai saat ini, Pfizer belum menerima keluhan pelanggan atau laporan tentang kejadian buruk terkait penarikan ini. Lot yang terkena dampak didistribusikan secara nasional ke grosir, pengecer, rumah sakit, dan penyedia layanan kesehatan di Amerika Serikat dan Puerto Rico dari Juni 2019 hingga Juli 2019.

Carton NDC Lot # Exp Date Strength Configuration
0049-2340-45 AR5407 Feb 2022 40 mg Carton w/6 tablets (1 blister card x 6 tablets)
0049-2340-05 CD4565 Feb 2022 40 mg Carton w/12 tablets (2 blister cards x 6 tablets)

Pfizer telah memberi tahu pelanggan langsungnya melalui surat penarikan untuk mengatur pengembalian produk yang ditarik kembali. Siapa pun yang memiliki inventaris yang sudah ada dari produk yang ditarik itu harus segera diberhentikan penggunaannya dan mendistribusikan serta karantina.

Profesional kesehatan, pengecer, dan rumah sakit yang telah memberikan produk kepada pasien diminta untuk memberi tahu pasien ini mengenai penarikan tersebut.

Sumber : Anti-Migraine Drug Recalled Due to Potential Contamination https://www.medscape.com/viewarticle/917018

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Mengenal Obat Suntik Baru Untuk Migrain Akut yang Bisa Digunakan Oleh Pasien

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

iai

Biaya Layanan Sistem Informasi Apoteker 100 rb/Tahun Diterapkan Januari 2020

Farmasetika.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) pada tanggal 2-3 November 2019 …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar