Home / Sediaan & Alkes / Solid & Semisolid / Krim Trifarotene, Anti Jerawat Retinoid Pertama yang Sangat Selektif

Krim Trifarotene, Anti Jerawat Retinoid Pertama yang Sangat Selektif

Farmasetika.com – Pejabat dari FDA telah menyetujui krim trifarotene 0,005% (Aklief) dari perusahaan farmasi Galderma untuk perawatan topikal jerawat.

Trifarotene adalah satu-satunya retinoid topikal yang secara selektif menargetkan reseptor asam retinoat (RAR) gamma, RAR yang paling umum ditemukan di kulit, menurut rilis perusahaan.

Krim ini juga merupakan pengobatan topikal pertama yang secara khusus dipelajari dan terbukti dapat mengobati wajah (dahi, pipi, hidung, dan dagu) dan truncal (dada, bahu, dan punggung).

Sandra Johnson, MD, FAAD, seorang peneliti dalam uji klinis krim trifarotene dan seorang dokter kulit di Johnson Dermatology di Fort Smith, Arkansas, mengatakan bahwa dia merasa trifarotene akan sangat bermanfaat bagi pasien jerawat.

“Persetujuan ini menandai langkah maju yang signifikan dalam inovasi retinoid, karena trifarotene sangat selektif,” katanya dalam pernyataan yang disiapkan.

“Selain itu, selektivitas trifarotene untuk gamma reseptor asam retinoat membedakannya dari retinoid topikal generasi pertama dan ketiga, yang menargetkan beta dan gamma reseptor asam retinoat; pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi risiko efek samping yang dimediasi oleh reseptor lain. ” lanjutnya

Persetujuan ini didukung oleh data dari sepasang uji klinis Fase 3 krim trifarotene Galderma sekali sehari pada pasien dengan jerawat sedang pada wajah dan badan. Studi ini memiliki 2.420 pasien yang merupakan bagian dari 2 uji klinis 12 minggu yang identik.

Krim trifarotene menunjukkan pengurangan yang signifikan pada lesi inflamasi sedini dua minggu di wajah dan empat minggu di punggung, bahu, dan dada. Efek samping yang paling umum termasuk iritasi situs aplikasi, aplikasi situs pruritus (gatal), dan terbakar sinar matahari.

Trifarotene adalah molekul retinoid baru pertama yang menerima persetujuan FDA untuk pengobatan jerawat dalam lebih dari 20 tahun.

Baca :  Kevzara (Sarilumab), Terapi Kekinian Bagi Penderita Rheumatoid Arthiritis

Krim ini diharapkan tersedia di Amerika Serikat pada November 2019 sebagai pompa 45 gram.

Sumber : Galderma receives FDA approval for Aklief (trifarotene) cream, 0.005%, the first new retinoid molecule for the treatment of acne in over 20 years [news release]. Fort Worth, Texas; Galderma Newsroom: October 4, 2019. https://www.multivu.com/players/English/8613051-galderma-aklief-retinoid-molecule-acne-treatment/.

Share this:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Rivaroxaban, Obat Baru Untuk Pembekuan Darah Pasien Medis Akut

Farmasetika.com – Rivaroxaban (Xarelto, Janssen) telah disetujui oleh FDA untuk pencegahan tromboemboli vena (VTE), atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar