Download Majalah Farmasetika

Pekerjaan Kefarmasian di Apotek Diproyeksikan Stagnan Hingga 2028

Farmasetika.com – Pekerjaan kefarmasian di tingkat retail diproyeksikan menunjukkan sedikit atau tidak ada perubahan dari 2018 hingga 2028, menurut Occupational Outlook Handbook.

Meskipun permintaan untuk apoteker diperkirakan akan meningkat dalam berbagai pengaturan perawatan kesehatan, pekerjaan apoteker di industri ini diproyeksikan menurun secara keseluruhan. Khususnya, di apotek ritel, penjualan akan dipengaruhi oleh peningkatan penggunaan pesanan lewat pos dan apotek daring dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam pengaturan non-retail, prospek untuk pekerjaan apoteker diproyeksikan meningkat sebesar 6,9% pada tahun 2028, dengan pertumbuhan terbesar di rumah sakit dan pusat perawatan rawat jalan.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) melaporkan bahwa pekerjaan apoteker di apotek ritel, mal, dan apotek khusus diproyeksikan turun sebesar -5,1% pada tahun 2028. Penurunan ini terutama akan mempengaruhi jaringan apotek, yang diperkirakan mempekerjakan sekitar 11.000 apoteker di AS.

Selain itu, diproyeksikan bahwa teknisi farmasi akan mengambil peran lebih besar dalam operasi farmasi dan akan menyelesaikan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh apoteker, seperti menyiapkan lebih banyak jenis obat dan memverifikasi pekerjaan teknisi lain.

Hal ini sesuai dengan pernyataan ahli Ekonomi bidang ketenagakerjaan dari ZipRecruiter, Julia Pollak, yang menganalisis pekerjaan yang tetap tumbuh selama resesi ekonomi.

Menurutnya, para profesional perawatan kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker, dan asisten perawatan pribadi semuanya akan mengalami peningkatan pekerjaan seiring bertambahnya pasien yang membutuhkannya ketika masa resesi ekonomi.

Sumber :

  1. Job Outlook-Pharmacists. Occupational Outlook Handbook. Bureau of Labor Statistics. https://www.bls.gov/ooh/healthcare/pharmacists.htm#tab-6. Accessed October 17, 2019.
  2. Fein, AJ, PhD. Grim Job Outlook for Retail Pharmacists Gets Even Grimmer. Drug Channels. https://www.drugchannels.net/2019/10/grim-job-outlook-for-retail-pharmacists.html#more. Published October 17, 2019. Accessed October 17, 2019.
  3. 25 recession-proof jobs for anyone worried about the next economic downturn
    https://www.businessinsider.com/the-jobs-that-will-grow-during-the-next-financial-recession-2019-9/
Share this:
Baca :  Apoteker Harus Tahu Sumber Kontaminasi pada Produk Steril dan Cara Mengatasinya

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Kasus: Pasien Ibu Hamil di Amerika Meninggal Setelah Tanpa Sengaja Diberi Anastesi Spinal Digoksin

Majalah Farmasetika – Seorang pasien hamil tanpa riwayat medis yang signifikan sedang menjalani persalinan sesar …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.