Home / Berita / Terkontaminasi Benda Asing dan Resiko Infeksi, Tablet Alprazolam Ditarik di AS

Terkontaminasi Benda Asing dan Resiko Infeksi, Tablet Alprazolam Ditarik di AS

Farmasetika.com – Mylan Pharmaceuticals Inc. sedang menarik kembali banyak obat anti-kecemasan alprazolam – umumnya dijual dengan nama merek Xanax – “karena potensi keberadaan zat asing,” kata perusahaan Mylan pekan lalu.

Alprazolam adalah obat golongan benzodiazepine, yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan serangan panik. Obat ini dapat membuat penggunanya merasa lebih tenang dan tidak terlalu tegang.

Perusahaan Mylan mengatakan kemungkinan seseorang akan jatuh sakit “diperkirakan jarang terjadi, tetapi risiko infeksi yang jauh terhadap seorang pasien tidak dapat dikesampingkan.” Mylan menambahkan bahwa, pada pengumuman hari Jumat (25/10/2019), belum ada laporan tentang kejadian buruk yang terkait dengan lot tertentu.

Mylan menolak untuk memberikan informasi tambahan tentang produk atau zat asing.

Penarikan sukarela mencakup banyak botol, masing-masing berisi 500 tablet 0,5 miligram, yang didistribusikan di Amerika Serikat (AS) antara Juli dan Agustus. Jumlah lot yang terpengaruh adalah 8082708, dan tanggal kedaluwarsa terdaftar sebagai September 2020.

Instruksi untuk grosir, pengecer dan konsumen untuk mengembalikan botol yang ditarik di AS dapat ditemukan dalam pengumuman perusahaan, yang juga diposting ke situs web Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS.

Sumber : Mylan Pharmaceuticals Initiates Voluntary Nationwide Recall of One Lot of Alprazolam Tablets, USP C-IV 0.5 mg, Due to the Potential of Foreign Substance. https://www.fda.gov/safety/recalls-market-withdrawals-safety-alerts/mylan-pharmaceuticals-initiates-voluntary-nationwide-recall-one-lot-alprazolam-tablets-usp-c-iv-05

Share this:
  • 399
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    399
    Shares
Baca :  FDA : Produk Ranitidin Mengandung Zat Karsinogenik Nitrosamin

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM Buka 277 Formasi CPNS 2019, Tidak Ada Apoteker Hanya 8 Orang S1 Farmasi

Farmasetika.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badam POM) Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada putra …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar