Home / Sediaan & Alkes / Parenteral / Kevzara (Sarilumab), Obat Baru untuk Radang Sendi “Rheumatoid arthritis”

Kevzara (Sarilumab), Obat Baru untuk Radang Sendi “Rheumatoid arthritis”

farmasetika.com – Telah banyak penelitian yang dilakukan mengenai pengobatan radang sendi, salah satu perkembangan terbarunya yaitu obat Kevzara (Sarilumab). Obat ini dapat mengatasi radang sendi yang terjadi pada penderita dewasa.

Obat Kevzara mengandung bahan aktif sarilumab. Peradangan sendi atau Rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang disebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh yang tidak mengenali jaringannya sendiri hingga menyerang jaringan tersebut. Gejala yang dirasakan diantaranya sendi terasa nyeri, kaku dan mengalami pembengkakan.

Obat Kevzara telah disetujui Food and Drug Adminsitration (FDA) Amerika Serikat dan diproduksi oleh Regeneron Pharmaceuticals, Inc. (NY, USA). Pembuatan zat sarilumab terdiri dari tiga tahap utama, yaitu proses hulu yang menghasilkan antibody, proses hilir yang memurnikan antibody tersebut dan formulasi bahan-bahan obat kevzara.

Zat sarilumab diproduksi dengan kultur suspensi sel CHO rekombinan. Protein sarilumab kemudian diekspresikan dan disekresi ke media kultur sel. Protein rekombinan yang diperoleh dipanen dengan proses pengendapan, penyaringan dan dimurnikan .

Dosis sarilumab terdiri dari 131,6 mg / mL atau 175 mg / mL. kemudian sarilumab diencerkan dan dicampurkan dengan bahan tambahan lainnya kemudian disterilisasi dengan penyaringan. Komposisi dan konsentrasi eksipien yaitu histidin / L-histidin monohidroklorida monohidrat, L-arginin hidroklorida, sukrosa, polisorbat 20 dan air untuk injeksi (water for injection / WFI).

Berbagai aplikasi teknologi digunakan dalam proses pembuatan obat kevzara, diantaranya saat memproduksi bahan aktif yang berasal dari sel-sel Chinese Hamster Ovary atau sel-sel ovarium hamster Chinese dimana digunakan teknologi DNA rekombinan. Sarilumab berikatan dengan reseptor IL-6 yang larut dan terikat membran.

Bahan aktif sarilumab disuspensikan dalam larutan injeksi dengan penerapan teknologi bidang farmasetika.

DAFTAR PUSTAKA

European Medicines Agency. 2017. Assesment Report: Kevzara. Available at https://www.ema.europa.eu/en/documents/assessment-report/kevzara -epar-public-assessment-report_en.pdf [Accessed on October 26th 2019]

Baca :  Peneliti Temukan Senyawa Baru Turunkan Mobilitas Sperma Tanpa Pengaruhi Fungsi Hormon

FDA. 2017. HIGHLIGHTS OF PRESCRIBING INFORMATION: Kevzara. Available at https://www.accessdata.fda.gov/drugsatfda_ docs/label/2017/761037s000lbl.pdf [Accessed on October 26th 2019]

Share this:
  • 108
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    108
    Shares

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Faclizumab, Obat Baru Untuk Mengobati Multiple Sclerosis (MS)

Farmasetika.com – Multiple sclerosis (MS) adalah suatu penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat dan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar