Gambar Mikroskop Elektron Sars-nCOV 2019 (oranye) penyebab COVID-19. Source : NIH (National Institute of Health)

Informasi COVID-19 untuk Para Apoteker dan Pendapat Pakar Virus

farmasetika.com – Novel Coronavirus, yang dikenal sebagai COVID-19, menyebabkan ketakutan di seluruh dunia, dan kasus-kasus baru terjadi di Indonesia, total 4 orang teridentifikasi positif COVID-19 hingga 6 Maret 2020. Sejumlah informasi atau sumber daya tersedia untuk membantu apoteker memisahkan fakta dari HOAX yang bertebaran, merawat pasien dan komunitas, dan tetap siap untuk apa pun yang ada di depan mata.

Sumber daya online yang tersedia

Asosiasi Farmasi Amerika Serikat (American Pharmacists Association/APhA) telah menyiapkan pusat sumber daya untuk apoteker di www.pharmacist.com/coronavirus yang telah dialihbahasakan di https://farmasetika.com/2020/02/20/cara-apoteker-berikan-nasehat-kepada-pasien-virus-corona-covid-19/

Halaman web termasuk yang terbaru dari lembaga federal dan dokumen pohon keputusan yang membantu apoteker berbicara dengan pasien dengan berbagai tingkat paparan COVID-19.

Perspektif pakar virus

Selama lebih dari 15 tahun, Timothy Sheahan, PhD, telah mempelajari mekanisme molekuler patogenesis virus dengan harapan menemukan virus dan / atau protein inang yang menjadi target terapi antivirus. Majalah Pharmacy Today baru-baru ini bertemu dengannya untuk mempelajari lebih lanjut tentang coronavirus baru, yang disebut SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit pernapasan — dikenal sebagai COVID-19 — yang menyebabkan ketakutan di seluruh dunia.

Timothy Sheahan, seorang asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Global Gillings di University of North Carolina Chapel Hill. Mendapatkan gelar PhD dalam bidang virologi, jadi saya tidak memiliki izin untuk memberikan saran medis. Penelitiannya berfokus pada penemuan metode baru pengendalian virus.

Sejauh mengenai coronavirus, [apoteker harus memberi tahu pasien] hal-hal yang biasa — jika Anda pernah keluar, mencuci tangan benar-benar penting dan merupakan hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri. Setiap kali saya keluar dengan bus kota, saya selalu mencuci tangan sesudahnya.

Baca :  Editor Jurnal The Lancet Bimbang dengan Hasil Studi Hidroksiklorokuin dan Klorokuin

Pada titik ini, orang tidak perlu khawatir tentang memakai masker — toh bukan di negara ini — kecuali jika Anda sakit. Masker ada dalam semua [jenis], dan masker bedah yang tipis tidak benar-benar menawarkan banyak perlindungan dari sakit tetapi mungkin menghentikan Anda dari [menyentuh hidung atau mulut]. Jenis masker lainnya dirancang untuk menyaring mikroba dan biasanya disebut topeng N95. Orang-orang cenderung menganggap topeng sebagai melindungi mereka dari tertular penyakit menular, tetapi mungkin lebih baik jika Anda sakit dengan [penyakit] pernapasan untuk memakainya untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda, seperti di rumah Anda.

Dan waspadailah di mana Anda pernah berada dan siapa Anda pernah ada, terutama jika mereka sakit. Itu saran yang sangat praktis.

Apoteker mungkin mendapat pertanyaan tentang pengobatan. Tidak ada obat yang disetujui secara khusus untuk virus corona manusia, yang merupakan sesuatu yang saya coba ubah. Jadi, sayangnya, tidak ada yang dapat dilakukan seorang apoteker untuk membantu pada saat ini, sampai antivirus coronavirus disetujui.

sumber : Coronavirus: Resources for pharmacists and an interview with a virus expert https://www.pharmacist.com/article/coronavirus-resources-pharmacists-and-interview-virus-expert?is_sso_called=1

Share this:
  • 60
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    60
    Shares

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Temukan 24 Orang Tertular COVID-19 dalam Satu Perjalanan Bis

Majalah Farmasetika – Ketika 67 penumpang jemaat Buddha dan sopir mereka naik bus di Ningbo, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.