Jepang Mulai Uji Klinik Akhir Obat Avigan Untuk COVID-19

Farmasetika.com – Fujifilm Toyama Chemical telah memulai uji klinis Fase III atau tahap akhir sebelum Fase IV (diujicobakan di pasaran) untuk obat antiviral influenza Avigan (favipiravir) sebagai terapi pasien Covid-19 di Jepang.

Mekanisme avigan

Avigan secara khusus memblokir RNA polimerase yang terkait dengan replikasi virus influenza.

Mekanisme ini diharapkan memiliki efek antivirus pada SARS-CoV-2, virus corona baru yang menyebabkan Covid-19.

Uji klinik fase 3 dimulai

Di Jepang, uji ke manusia Tahap III baru dimulai dan akan menilai keamanan dan kemanjuran Avigan sebagai pengobatan Covid-19 yang potensial.

Bulan lalu, pejabat Kementerian Sains dan Teknologi China Zhang Xinmin mengatakan bahwa favipiravir membantu pasien pulih dalam uji coba peserta 80 hari yang dilakukan di kota Shenzhen.

Menurut data penelitian, obat ini dapat mempersingkat waktu pemulihan dari 11 hari menjadi empat hari untuk kasus ringan dan sedang.

Avigan telah disetujui sebagai obat flu

Favipiravir memperoleh persetujuan China untuk pembuatan oleh Zhejiang Hisun Pharmaceutical untuk mengobati orang dewasa dengan influenza baru atau berulang. Itu juga memegang persetujuan di Cina sebagai pengobatan investigasi untuk Covid-19.

Disetujui pada tahun 2004 untuk pembuatan dan penjualan di Jepang untuk mengobati influenza, Avigan dimaksudkan untuk digunakan selama wabah virus influenza yang baru atau muncul kembali ketika obat-obatan lain tidak efektif.

Avigan didistribusikan eklusif tidak ada di pasaran

Avigan diproduksi dan didistribusikan berdasarkan permintaan pemerintah Jepang, yang memiliki persediaan obat.

Obat ini tidak pernah didistribusikan di pasar dan tidak tersedia di rumah sakit dan apotek di Jepang atau internasional.

Awal bulan lalu, Fujifilm memulai upaya untuk meningkatkan pembuatan Avigan, dengan rencana untuk mempercepat produksi melalui kemitraan domestik dan internasional untuk memenuhi permintaan secara global.

“Fujifilm bermaksud untuk bekerja sama dengan tulus dengan pasokan Avigan ke negara-negara tersebut dalam konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Jepang untuk memerangi Covid-19 dan berkontribusi untuk menanggulangi penyebaran pandemi global ini pada tahap sedini mungkin. ” menurut pernyataan perusahaan (31/3/2020).

Sumber : Fujifilm begins final stage of human trials for its antiviral flu drug as it tests it on Japanese coronavirus patients  https://www.dailymail.co.uk/health/article-8173879/Fujifilm-begins-final-stage-human-trials-antiviral-flu-drug-coronavirus.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ikuti WHO, Kemenkes Tunda Uji Klinik Hidroksiklorokuin

Majalah Farmasetika – Executive Group of the steering committee dari World Health Organization (WHO) COVID-19 …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.