PP IAI Terbitkan Panduan Praktis untuk Apoteker Menghadapi Pandemi COVID-19

farmasetika.com – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) menerbitkan buku “Panduan Praktis untuk Apoteker Menghadapi Pandemi COVID-19” edisi April 2020.

Buku ini melengkapi upaya lain yang telah dilakukan PP IAI, yaitu menerbitkan poster edukasi untuk masyarakat, membuat alat bantu edukasi Apoteker kepada masyarakat dalam bentuk kalender meja, melakukan kerjasama pembuatan hand sanitizer, menghimpun donasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri bagi tenaga kesehatan maupun untuk bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, serta serial webinar COVID-19 bagi Apoteker.

“Ketua PP IAI mengajak teman sejawat Apoteker untuk terus berdoa bagi keselamatan bangsa Indonesia. Selain itu, tentu saja kita terus waspada melakukan upaya promotif dan preventif agar tidak tertular virus Covid-19, karena kedudukan kita, sebagai Apoteker, sangat strategis. Kita berada di dalam satu tim dengan tenaga kesehatan lainnya, berkolaborasi secara profesional dalam upaya menolong jiwa manusia agar tetap sehat.” tulis Nurul Falah Eddy Pariang.

Dihubungi melaui ponsel (9/4/2020). Sekretaris Jenderal PP IAI, Noffendri, memberikan izin untuk menyebarkan buku ini agar digunakan oleh rekan sejawat Apoteker.

Panduan dibagi menjadi 5 Bab dan dilengkapi dengan catatan kaki dan Daftar Pustaka bagi para sejawat yang ingin informasi lebih dalam dengan sistematika sebagai berikut:

■ Bab 1. Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19. Bab pembuka ini menyajikan latar belakang terjadinya pandemi COVID-19; bagaimana karakteristik penyebabnya, virus Covid-19; apa yang dilakukan negara terdampak untuk menanggulanginya; dan apa langkah yang dipilih Indonesia.

■ Bab 2. COVID-19: Karakteristik Epidemiologis dan Klinis. Bab ini mengupas tentang bagaimana cara dan jalur penularan COVID-19, siapa penularnya dan siapa saja yang rentan tertular, apa tanda-tanda seseorang terkena COVID-19.

■ Bab 3. Tatalaksana Terapi COVID-19. Pada bab ini ditelaah tatalaksana COVID-19, penyakit akibat infeksi virus Covid-19, baik terapi farmakologis maupun terapi non-farmakologis.

■ Bab 4. Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Pada bab ini ditelaah tatalaksana COVID-19, penyakit akibat infeksi virus Covid-19, baik terapi farmakologis maupun terapi non-farmakologis.

■ Bab 5. Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. Bab ini menampilkan apa dan mengapa COVID-19 dan penyebabnya, virus Covid-19—disampaikan dalam bentuk tanya-jawab terhadap FAQ.

■ Daftar Pustaka. Bagian ini menampilkan daftar dari pustaka yang digunakan, sehingga bagi mereka yang ingin tahu lebih dalam, dapat memperoleh bahan yang cukup lengkap. Beberapa rujukan ditampilkan sebagai catatan kaki.

Selengkapnya klik di GudangIlmuFarmasi

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dapat 2 SKP, IAI Ajak Apoteker Gunakan Frame Pembatas dengan Pelanggan

Majalah Farmasetika – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) merilis program Pengabdian Kepada Masyarakat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.