Ilustrasi (gambar : kompas.com)

Apoteker Indonesia Kecam Penolakan Pemakaman Perawat Pasien COVID-19

farmasetika.com – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) ikut bergabung bersama organisasi profesi kesehatan lainnya mengecam keras masyarakat yang menolak pemakaman jenazah Nuria Kurniasih, seorang perawat yang terpapar virus Corona Covid-19 di RSUD dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Ketua PP IAI, Nurul Falah Eddy,  ikut menandatangani surat pernyataan bersama dengan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI) Harif Fadillah, dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Sri Hananto Seno.

Kemudian juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) Emi Nurjasmi, dan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) Ede Surya Darmawan.

Dalam suratnya, organisasi profesi medis menyatakan bela sungkawa yang mendalam dan memberikan penghormatan setinggi-tingginya sebagai pahlawan kemanusiaan atas dedikasi Nuria Kurniasih sebagai salah satu perawat terbaik di RSUP dr. Kariadi Semarang yang luar biasa dalam memberikan pelayanan kesehatan di lini terdepan dalam penanganan wabah COVID-19.

“Kami mengecam keras atas respons penolakan dari oknum masyarakat di lokasi pemakaman, tindakan tersebut sangat tidak patut dilakukan kepada seorang tenaga kesehatan yang telah berjibaku mempertaruhkan nyawa dengan segala resiko demi kemanusiaan,” tulis surat pernyataan bersama yang ditandatangani enam organisasi profesi itu pada Sabtu, 11 April 2020.

Gabungan organisasi tersebut menyebut, dipastikan jenazah perawat Nuria telah dilakukan pemulasaraan seusai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan itu, penolakan jenazah Nuria merupakan tindakan yang tak beralasan.

“Kami memastikan seluruh masyarakat telah diberikan layanan kesehatan berdasarkan kode etik, sumpah profesi dan standar profesi yang tertanam sejak menjadi tenaga kesehatan dengan semangat jiwa nasionalisme tinggi, tulus ikhlas, mengutamakan kepentingan pasien dan kepentingan kemanusiaan di atas kepentingan pribadi,” lanjut surat pernyataan yang juga diposting melalui akun twitter resmi PD IDI.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Presiden Brasil Positif COVID-19, Hidkroksiklorokuin Jadi Obatnya

Majalah Farmasetika – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, telah dites COVID-19 dengan hasil positif. Jair Bolsonaro …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.