Tidak Mengandung Label Simvastatin, Produk Clopidrogel Ditarik dari Pasaran

Majalah Farmasetika – Perusahaan Farmasi International Laboratories telah memulai penarikan sukarela ke tingkat konsumen di Amerika Serikat dari satu lot antiplatelet clopidogrel karena diberi label yang salah dan mungkin mengandung simvastatin, obat penurun kolesterol, bukan clopidogrel.

Produk yang ditarik – nomor 117099A tablet clopidogrel (USP 75 mg) yang dikemas dalam botol 30 tablet – dapat mengandung tablet clopidogrel 75 mg atau dapat mengandung tablet simvastatin (USP 10 mg), menurut pengumuman perusahaan yang diposting di US Food dan situs web Drug Administration (FDA).

“Label dosis simvastatin pada produk clopidogrel yang hilang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke yang dapat mengancam jiwa. Selain itu, konsumsi simvastatin yang tidak disengaja dapat mencakup efek samping umum yang terkait dengan penggunaannya dan dapat menyebabkan kerusakan janin ketika diberikan kepada wanita hamil, “perusahaan memperingatkan dikutip dari medscape (17/4/2020).

Hingga saat ini, perusahaan belum menerima laporan kerugian yang timbul dari masalah yang menyebabkan penarikan.

Produk yang ditarik kembali didistribusikan secara nasional dan dikirim ke pusat distribusi di Arkansas, Georgia, Indiana, California, dan Maryland dan ke toko ritel di semua negara bagian AS.

Laboratorium Internasional memberi tahu distributor dan pelanggan melalui surat dan mengatur pengembalian semua produk yang ditarik.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kemenkes Waspadai Potensi Pandemi Virus Flu Babi G4 Jenis Baru di Indonesia

Majalah Farmasetika – Virus flu babi jenis genotype 4 (G4) menjadi virus baru yang harus …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.