Disiplin dalam Keluarga Kunci Sukses Pencegahan Penyebaran COVID-19

Majalah Farmasetika – Dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia. Keluarga menjadi kunci keberhasilan suksesnya PSBB dengan memanfaatkan waktu di rumah sebaik mungkin. Dengan demikian penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

Hal ini disampaikan oleh, Ketua Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi (PPLIPI) DPW Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan, saat menjadi pembicara dengan judul “Peran keluarga dalam penanganan Pandemi COVID-19” di Webinar Seri-2 dengan tema utama “Tangkal Stress di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarkan oleh Entalpi Institute bekerja sama dengan Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjadjaran (InJabar Unpad) dan juga PPLIPI DPW JABAR ,Sabtu, 16 Mei 2020. Turut hadir sebagai pembicara adalah Lina Marlina Ruzhan, Ketua PPLIPI DPW Jawa Barat dan juga Apt. Dr. Evi Sylvia ,MBA dari Entalpi Insititute selaku Moderator

Menurut Lina, keluarga kemudian menjadi penting keberadaannya dalam melewati masa-masa karantina selama pandemi ini berlangsung. Selama #dirumahaja, kita selalu bertemu dengan keluarga selama 24 jam penuh. Diperlukan kegiatan-kegiatan kreatif untuk bisa mengisi waktu bersama keluarga supaya tidak cepat jenuh.

“Saya sering lihat di medsos, kalau ada ibu-ibu bikin konten masak atau bikin kue. Nah, tapi dalam konten itu yang kelihatan cuma ibu-ibunya aja. Kalau bisa, ajak anak atau suami untuk bisa berkreasi bersama untuk membuat konten. Keceriaantersebut bisa membantu kita membunuh rasa bosan,” ujar istri Wakil Gubernur Jawa Bara, Uu Ruzhanul Ulum ini.

Pandemi COVID-19 ini juga bisa menjadi momen untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga yang mungkin sebelum ini sulit untuk dilakukan. Orang tua bisa belajar bersama anak-anaknya dan beribadah bersama. Terlebih saat ini adalah momen yang pas karena bertepatan dengan hadirnya bulan suci Ramadhan.

Baca :  Cegah Resiko Stroke, Pasien COVID-19 dengan Hipertensi Tetap Konsumsi Obat Darah Tinggi

Keluarga, menurut Lina, juga bisa menjalankan peran sebagai agen pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Keluarga bisamenjalani fungsi sosialisasi di mana memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga orang-orang di sekitarnya mengenai informasi terbaru mengenai COVID-19. Para orang tua bisa membantu anak-anak mereka dalam menerapkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan dan juga memakai masker.

“Mencegah penyebaran Virus Corona bukan hanya PR Pemerintah, bukan hanya PR Aparat, namun pencegahan penyebaran virus Corona adalah PR kita semua dan hal tersebut bisa dimulai dari keluarga dan rumah masing-masing,”tutur Lina.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Guru Besar UGM Pertanyakan Urgensi Obat Dikombinasi Dosis Tetap untuk COVID-19

Majalah Farmasetika – Baru-baru ini Universitas Airlangga (Unair) bersama TNI AD, dan BIN RI telah …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.