Jejak Virus COVID-19 yang Perlu Diwaspadai di Rumah

Majalah Farmasetika – Sebuah penyelidikan dilakukan di kapal pesiar Diamond Princess yang terkonfirmasi lebih dari 700 orang penumpang positif COVID-19. Investigasi jejak virus di kapal ini dilakukan untuk mengetahui di daerah mana saja yang paling banyak terkontaminasi virus.

Hal ini penting diketahui agar tindakan desinfektasi perlu dilakukan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang yang terjangkit COVID-19 baik yang bergejala maupun tanpa gejala.

Kondisi di kapal pesiar identik dengan lokasi penginapan termasuk tempat tinggal di rumah. Hasil investigasi dilaporkan melalui video singkat NHK World Japan.

Yamagishi Takuya dari Institusi Nasional Penyakit Menular Jepang melaporkan hasil identifikasi area-area spesifik yang mungkin terkontaminasi coronavirus baru penyebab penyakit COVID-19.

“Jejak virus ditemukan paling banyak di lantai kamar mandi termasuk di tempat duduk dan pengguyur closet, hampir mencapai 40%” ujar Takuya dikutip dari video yang dirilis NHK World Japan (28/5/2020).

Selain di kamar mandi, virus ditemukan di bantal, remote tv, dan telepon. Uniknya, hal ini terjadi juga di kamar pasien yang tanpa gejala.

“Orang-orang tidak bergejala bisa menularkan virusnya melalui kontak. Menggunakan desinfektan pada area spesifik di rumah bisa mencegah penularan COVID-19” tutupnya.

Pada dasarnya, area-area yang sering ditempati dan digunakan setiap hari perlu dilakukan pembersihan menggunakan desinfektan secara rutin.

Sumber :

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ribuan Apoteker Indonesia Ramaikan Ultah IAI ke 65 di Media Sosial

Majalah Farmasetika – Organisasi Profesi Apoteker resmi di Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) merayakan hari …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.